Tampang

Indonesia Berharap Penguatan Kerja Sama Ekonomi Industri dengan Jepang

24 Jun 2024 12:07 wib. 34
0 0
Indonesia Jepang
Sumber foto: google

RI berharap bisa memperkuat kerja sama ekonomi industri dengan Jepang, baik melalui forum internasional maupun perjanjian strategis, seperti yang telah terjalin melalui Indo Pasific-Economic Framework for Presperity (IPEF), Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), dan ASEAN-Jepang Comprehensive Economic Partnership Agreement (AJCEPA).

Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan bilateral dengan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hayashi Yoshimasa di Tokyo pada Jumat (21/6) untuk membahas program-program kerja sama antara kedua negara. Dalam pertemuan tersebut, Agus mengungkapkan harapannya agar Indonesia dapat mendapatkan dukungan dalam kerja sama ekonomi industri dari Jepang.

Pertemuan puncak Peringatan 50 Tahun Kemitraan ASEAN-Jepang di Tokyo yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada akhir 2023 lalu menandai lima dekade kolaborasi yang berhasil menjaga stabilitas, perdamaian, dan pertumbuhan ekonomi di kawasan. Hal ini menunjukkan pentingnya kerja sama antara Indonesia dan Jepang dalam menghadapi tantangan ekonomi global.

Melalui pertemuan bilateral dengan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Menteri Agus menyampaikan bahwa Indonesia menyambut baik selesainya perundingan substantif Protokol Perubahan Indonesia–Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Implementasi dari perubahan tersebut diharapkan dapat dilakukan dalam waktu dekat, yang diharapkan akan membawa manfaat bagi kedua negara.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

7 Fakta Menarik tentang Kecerdasan
0 Suka, 0 Komentar, 30 Agu 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%