Tampang

Tips Memilih dan Mengolah Buah Untuk Balita

27 Feb 2018 22:30 wib. 1.129
0 0
Tips Memilih dan Mengolah Buah Untuk Balita

 

Balita merupakan bayi di bawah umur 5 tahun, bayi yang masih berada di bawah umur cenderung belum mengenal manfaat buah secara keseluruhan dan belum mampu mengonsumsi semua varian buah yang ada. Untuk itu, seorang ibu harus pintar memilih buah bagi balita dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Beberapa tips dalam memilih buah bagi balita adalah:

  • Memiliki warna yang menarik, balita cenderung menyukai warna-warna cerah dan menarik. Hal ini tentunya akan menarik perhatian balita untuk memakannya. Selain itu juga, buah dengan warna yang cerah cenderung memiliki vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh balita.
  • Hindari buah yang memiliki banyak serat, memiliki rasa asam dan mengandung alkohol. Hal ini dapat menyebabkan balita susah mencerna buah yang di konsumsi dan sakit perut.
  • Hindari buah kalengan karena buah yang dikemas dalam kaleng cenderung telah di campur dengan bahan-bahan pengawet yang tidak baik bagi tubuh balita.

 

Setelah memilih buah, buah yang akan diberikan pada bayi dicuci terlebih dahulu agar terhindari dari bakteri dan kuman yang menempel.

Beberapa tips mengolah buah bagi balita sebagai berikut:

  • Buah yang bertekstur lembut di hancurkan atau di haluskan menggunakan blender. Buah ini juga dapat di kerok dengan garpu sehingga bayi dapat mengonsumsinya dengan mudah. Contoh buah ini adalah pepaya, alpukat dan pisang.
  • Buah yang memiliki ukuran besar dapat di potong-potong kecil dan dipisahkan dari biji supaya bayi dapat memakannya tanpa menelan biji. Menelan biji dapat mengganggu sistem pencernaan bayi. Contoh buah ini adalah mangga, apel, dan melon.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?