Tampang

AS Salah Perhitungan dengan Iran, Ingatkan Kejadian 44 Tahun Lalu

27 Apr 2024 10:20 wib. 33
0 0
Pemimpin Tertinggi Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei

Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran telah lama dipenuhi dengan konflik dan ketegangan. Beberapa kejadian sejarah membuktikan adanya ketegangan yang berkepanjangan antara kedua negara tersebut. Salah satu contoh yang kini diingatkan kembali oleh pemerintah Iran adalah kegagalan operasi militer AS di Gurun Tabas 44 tahun yang lalu.

Pada tahun 1980, AS melancarkan operasi militer yang dikenal dengan sebutan Eagle Claw di Gurun Tabas, Iran. Namun, operasi ini berakhir dalam kegagalan besar bagi AS, yang kemudian diingatkan kembali oleh Iran sebagai kekalahan bersejarah. Menurut Kementerian Luar Negeri Iran, AS telah terus menciptakan ketegangan dengan mengambil kesalahan perhitungan dalam berinteraksi dengan Iran.

Tujuan sebenarnya dari operasi militer Amerika Serikat tersebut adalah menyerang pusat-pusat politik, dan militer Iran, serta menggulingkan Republik Islam yang baru saja berdiri. Namun, kegagalan operasi ini bukan hanya berdampak pada korban jiwa dan reputasi AS, tetapi juga memengaruhi hubungan diplomatik kedua negara.

Setelah operasi tersebut gagal, sebanyak 52 warga AS yang menjadi sandera harus mendekam di Iran selama 270 hari, menambah ketegangan antara kedua negara. Bahkan, kegagalan tersebut juga menjadi salah satu momen yang mengubah arah politik AS kala itu, yang kemudian berdampak pada popularitas pemimpin AS saat itu, Jimmy Carter. Penampilannya yang kurang efektif dalam menangani krisis sandera Iran segera menjadi fokus perhatian.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?