Tampang

Skors Mahasiswa Pro-Palestina: Kontroversi di Kampus Ivy League AS

1 Mei 2024 21:56 wib. 61
0 0
Skors Mahasiswa Pro-Palestina: Kontroversi di Kampus Ivy League AS
Sumber foto: google

Dua universitas ternama dunia di Amerika Serikat, yaitu Columbia University dan Cornell University, telah menskors mahasiswa yang masih bertahan dalam demonstrasi pro-Palestina di lingkungan kampus. Keputusan ini merupakan hasil dari konflik antara aktivis pro-Palestina dengan pihak otoritas kampus yang memiliki implikasi luas dalam diskusi mengenai kebebasan berekspresi di lingkungan akademis.

Universitas Columbia, yang berlokasi di New York, mulai menyusun aturan dan memberlakukan sanksi terhadap mahasiswa yang menolak pergi dari kawasan kampus setelah usaha-upaya dialog mengalami kebuntuan. Para aktivis pro-Palestina sebelumnya menyelenggarakan demonstrasi dengan berkemah dan memasang tenda di kawasan kampus, yang akhirnya mengakibatkan pihak kampus merilis surat peringatan pada Senin pagi. Surat tersebut memperingatkan bahwa mahasiswa yang enggan membubarkan diri hingga pukul 14.00 siang waktu setempat dan tidak menandatangani formulir perjanjian akan menghadapi sanksi diskors. Mahasiswa yang diskors akan dianggap tidak memenuhi syarat untuk menyelesaikan semester dengan reputasi baik.

Pernyataan dari juru bicara universitas, Ben Chang, menyatakan bahwa keputusan ini diambil untuk memastikan keamanan di kampus, serta untuk mengatasi gangguan belajar-mengajar akibat perkemahan pro-Palestina yang dianggap mengganggu aktivitas mahasiswa dan fakultas, terutama mereka yang berasal dari komunitas Yahudi. Namun, keputusan ini menuai kontroversi karena dianggap melanggar prinsip kebebasan berekspresi yang seharusnya diberikan ruang di lingkungan akademis.

Sementara itu, Cornell University juga menerapkan aturan skorsing serupa terhadap mahasiswa yang terlibat dalam demonstrasi pro-Palestina. Presiden universitas, Martha Pollack, menyatakan bahwa para aktivis telah diberi kesempatan untuk mempertimbangkan pilihan mereka namun tetap menolak untuk membongkar tenda, sehingga kampus akhirnya memberlakukan sanksi skorsing sementara sebagai tindakan disipliner.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

5 Cara Meningkatkan Literasi Digital
0 Suka, 0 Komentar, 16 Mar 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?