Tampang

Perkembangan Cepat AI Generatif Membuat Revolusi dalam Pengembangan Robot Mirip Manusia

14 Mei 2024 21:33 wib. 639
0 0
Robot Mirip Manusia
Sumber foto: Unsplash

Keberadaan kecerdasan buatan (AI) telah menjadi topik yang hangat dibicarakan dalam beberapa dekade terakhir. Namun, yang membuat perhatian adalah kemampuan AI untuk memahami dan menghasilkan konten dengan cara yang lebih mirip dengan manusia.

Di bidang robotika, perkembangan AI generatif dapat membantu mesin untuk lebih memahami dan mempersepsikan lingkungan sekitarnya. Menurut Li Zhang, chief operating officer dari LimX Dynamics yang berbasis di Shenzhen, kemajuan teknologi ini telah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan robot mirip manusia yang tidak hanya dapat bekerja di pabrik, tetapi juga membantu tugas rumah tangga.

Tidak hanya itu, perusahaan-perusahaan juga berbondong-bondong untuk memburu peluang ini. OpenAI mendukung startup robot humanoid, sementara Tesla yang dipimpin oleh Elon Musk, tengah mengembangkan robot humanoid sendiri yang diberi nama Optimus.

Di China, negara yang merupakan rumah bagi banyak pabrik di dunia, teknologi AI generatif seperti ChatGPT telah mempercepat penelitian dan mengarahkan pengembangan robot humanoid menjadi lebih mendekati kenyataan. Dengan adanya perkembangan ini, dapat diprediksi bahwa munculnya robot-robot humanoid baru akan memberikan dampak yang signifikan terhadap sektor ketenagakerjaan di masa depan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?