Tampang

Melihat Lebih Dekat: Pengertian Biografi dan Contohnya

3 Mei 2024 16:15 wib. 659
0 0
Pengertian Biografi

Biografi adalah genre sastra yang mendokumentasikan kehidupan seseorang, yang sering kali ditulis oleh penulis atau sejarawan. Kata "biografi" berasal dari bahasa Yunani, yaitu bio yang berarti "hidup" dan graphia yang berarti "menulis". Dengan demikian, pengertian biografi bisa diartikan sebagai tulisan yang menggambarkan kehidupan dan perjalanan seseorang dari lahir hingga akhir hayatnya. Biografi bisa berupa kisah hidup seorang tokoh politik, seniman, ilmuwan, atau siapa pun yang dianggap memiliki cerita kehidupan menarik untuk dibagikan. Secara umum, biografi berfokus pada perjalanan hidup, pencapaian, pengaruh, dan karakteristik individu yang subjeknya.

Contoh Biografi

Contoh biografi yang terkenal adalah "Steve Jobs" karya Walter Isaacson. Buku ini menceritakan kehidupan salah satu tokoh ikonik dalam dunia teknologi, Steve Jobs, pendiri perusahaan Apple. Buku ini menggambarkan perjalanan hidup Jobs mulai dari kecil hingga menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam industri komputer dan teknologi. Dalam biografi ini, pembaca dapat memahami bagaimana perjuangan, kesuksesan, dan kegagalan yang dialami oleh Jobs sepanjang hidupnya. Biografi ini juga mengungkap sisi-sisi pribadi Jobs yang jarang diketahui publik.

Selain contoh biografi tersebut, masih banyak karya biografi lainnya yang menceritakan kehidupan tokoh-tokoh terkenal, seperti "Lihatlah Dunia Dari Matanya" karya Andrea Hirata yang menceritakan tentang kehidupan dan perjuangan Butet Manurung, seorang pendidik yang bekerja untuk masyarakat suku Anak Dalam di Jambi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Mengenal Sejarah Lyon Sebagai Kota Mural
0 Suka, 0 Komentar, 17 Nov 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?