Tampang

Waspadai Indikator BBM Selalu Penuh di Mobil, Dapat Mengakibatkan Mobil Mogok

1 Mei 2024 22:24 wib. 66
0 0
Speedometer Fortuner VRZ

Indikator BBM yang terpasang di mobil memiliki tujuan untuk memantau volume bahan bakar di dalam tangki sehingga pengemudi dapat memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk mengisi ulang. Namun, ketidakakuratan pembacaan sensor volume BBM dapat menyulitkan pengemudi dan meningkatkan risiko mobil mogok di tengah perjalanan jika bahan bakar habis.

Salah satu jenis kerusakan pada sensor BBM adalah ketidakakuratan informasi yang ditampilkan kepada pengemudi dengan menunjukkan volume tangki selalu penuh. Dengan kata lain, meskipun jumlah bahan bakar sudah berkurang, indikator tetap menunjukkan posisi penuh.

Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, menyatakan bahwa indikator BBM bisa terus menunjukkan posisi penuh meski mobil sudah digunakan. "Sebagian orang menganggap ini sebagai masalah, namun hal tersebut bisa disebabkan oleh konsumsi BBM yang irit atau mobil yang jarang digunakan. Namun, bisa juga disebabkan oleh kerusakan fuel sender," ujar Hardi kepada Kompas.com, pada Minggu (28/4/2024).

Dia menjelaskan bahwa fuel sender berfungsi untuk membaca level permukaan bahan bakar di dalam tangki. Meskipun perangkat tersebut sering disebut sebagai sensor, sebenarnya hanya berupa variable resistor sederhana.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?