Tampang

Timnas Wanita Zambia Terancam Dicoret dari Olimpiade 2024, Kenapa?

1 Mei 2024 21:46 wib. 41
0 0
Ivana Andres bersama Zambia Barbra Banda
Sumber foto: reuters

Kabar buruk menimpa Timnas Wanita Zambia menjelang Olimpiade Paris 2024. Mereka berada dalam ancaman pencoretan dari turnamen tersebut karena pihak federasinya terlibat dalam kasus hukum di negara mereka sendiri.

Kasus ini bermula saat Asosiasi Sepak Bola Zambia (FAZ) tidak dapat menyelenggarakan kongres tahunannya pada Sabtu (27/4). Kegagalan penyelenggaraan kongres tersebut disebabkan oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk presidennya, yang terlibat dalam kasus hukum di Zambia.

Presiden FAZ, Andrew Kamanga, bersama Sekretaris Jenderalnya, Reuben Kamanga, diduga terlibat dalam pencucian uang oleh Komisi Penegakan Narkoba Zambia. Keduanya dituduh menerima dana dari pemerintah yang kemudian digunakan untuk membiayai perjalanan dua rekannya ke Piala Afrika (AFCON) 2024. Imbasnya, keduanya dipanggil ke Kejaksaan Tinggi Zambia terkait kasus pencucian uang tersebut, sehingga kongres tahunan FAZ tidak dapat dilaksanakan sesuai jadwal.

Kegagalan acara tersebut membuat FIFA merasa marah. Badan sepak bola dunia itu tidak menerima alasan kegagalan FAZ dalam menyelenggarakan kongres tahunan karena campur tangan pihak ketiga. Menurut undang-undang FIFA, larangan campur tangan pihak ketiga dalam asosiasi sepak bola merupakan pelanggaran, dan sebelumnya beberapa negara seperti India telah ditangguhkan oleh FIFA karena pelanggaran serupa. Kini, Zambia juga menghadapi ancaman sanksi dari FIFA, termasuk larangan berpartisipasi dalam turnamen sepak bola internasional.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

lemper ayam
0 Suka, 0 Komentar, 27 Apr 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?