Tampang

Rusia Tuding AS Munafik, Bantu Israel Pertahankan Netanyahu

1 Mei 2024 17:17 wib. 60
0 0
Presiden Putin
Sumber foto: google

Rusia menegaskan bahwa Amerika Serikat (AS) telah terlibat dalam tindakan yang munafik dengan membantu Israel dalam melobi Mahkamah Internasional (ICC) agar tidak merilis surat penangkapan untuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, membandingkan sikap AS setelah ICC mengeluarkan surat penangkapan untuk Presiden Vladimir Putin pada Maret 2023.

ICC menuduh Putin melakukan kejahatan perang dengan deportasi ilegal anak-anak Ukraina ke Rusia. Zakharova mengecam sikap AS yang mendukung penerbitan surat perintah ICC terhadap kepemimpinan Rusia. Di sisi lain, AS tidak mengakui yurisdiksi ICC karena mereka tidak meneken Statuta Roma terkait pengadilan ini.

Selain membantu Israel dalam menyakinkan ICC untuk tidak mengeluarkan surat penangkapan terhadap Netanyahu, AS juga disebut-sebut terlibat dalam mempengaruhi keputusan tersebut. Hal ini menunjukkan ketidakkonsistenan sikap AS terkait pengadilan internasional, yang pada saat yang sama tidak mengakui yurisdiksi ICC terhadap diri sendiri dan negara-negara sekutunya.

Sementara itu, dalam konteks konflik Israel-Palestina, ICC dilaporkan akan mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Netanyahu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, dan Kepala Staf Pasukan Pertahanan (IDF) Herzi Halevi. Rencana ini muncul setelah agresi brutal yang dilakukan Israel di Gaza, menyebabkan ribuan warga Palestina, termasuk anak-anak dan perempuan, meninggal dunia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?