Tampang

Diam-Diam Arab Saudi dan Negara-Negara Teluk Bantu Israel Terkait Serangan Iran

19 Apr 2024 20:21 wib. 39
0 0
Diam-Diam Arab Saudi dan Negara-negara Teluk Bantu Israel terkait Serangan Iran
Sumber foto: republika.id

Baru-baru ini, terdapat informasi yang menarik dan mengejutkan berkaitan dengan serangan Iran ke Israel. Sejumlah negara di Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, dilaporkan telah memberikan informasi intelijen terkait serangan tersebut. Laporan dari Wall Street Journal (WSJ) menyebutkan bahwa tujuh negara Teluk berbagi informasi penting kepada Amerika Serikat terkait serangan ini.

Menurut pejabat Saudi, AS, dan Mesir yang diwawancarai oleh WSJ dan dilaporkan oleh Times of Israel, kerja sama intelijen dari negara-negara Teluk tersebut merupakan kunci keberhasilan langkah-langkah pertahanan udara yang hampir seluruhnya menggagalkan serangan besar-besaran Iran. Informasi yang diberikan oleh negara-negara Teluk tersebut diakui memiliki peran penting dalam menghadapi ancaman dari Iran.

Dalam waktu yang cukup lama, Amerika Serikat telah berupaya membentuk kemitraan militer informal di wilayah Timur Tengah untuk menghadapi ancaman dari Iran. Inisiatif ini diawali oleh AS sebagai upaya untuk mengatasi ancaman bersama dari Iran. Namun, kerjasama ini dihadang oleh keraguan dari beberapa negara Arab karena khawatir akan terlibat langsung dalam konflik dengan Iran atau menghadapi pembalasan dari pihak Iran.

Pada akhirnya, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab setuju untuk memberikan informasi secara pribadi terkait serangan Iran ke Israel. Langkah ini menunjukkan bahwa meskipun memiliki sejarah perselisihan dengan Israel, negara-negara Arab di wilayah Teluk menunjukkan kesiapan untuk bekerja sama dalam menghadapi ancaman yang dianggap serius.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?