Tampang

Sosok Subhash Kapoor, Terduga Pencuri Artefak Majapahit di New York

6 Mei 2024 16:05 wib. 475
0 0
Subhash Kapoor tersangka pencuri artefak Majapahit di New York.
Sumber foto: FACEBOOK via CNBC

Subhash Kapoor, seorang pria yang menjadi sorotan dalam dunia seni karena terlibat dalam kasus pencurian artefak dari Kerajaan Majapahit, kembali menghebohkan publik. Jaksa Wilayah Manhattan di Negara Bagian New York, Amerika Serikat (AS), yakni Alvin Bragg, menyebutkan nama Subhash Kapoor sebagai tersangka penyelundup artefak Kerajaan Majapahit yang dicuri dari Indonesia.

Kasus ini juga melibatkan nama lain, yaitu Nancy Wiener. Pada Sabtu (27/3/2024), Bragg mengumumkan bahwa 27 barang antik akan dikembalikan ke Kamboja dan tiga artefak ke Indonesia. Ini menjadi bagian dari upaya restitusi bagi artefak- artefak bersejarah yang telah dicuri dan diselundupkan.

Kasus ini menjadi perhatian internasional karena artefak- artefak yang dicuri memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi bagi negara asalnya. Diketahui bahwa salah satu artefak yang dicuri adalah patung perunggu dewa Hindu Siwa yang dikenal sebagai "Tiga Serangkai Siwa" dari Kamboja, serta batu relief yang menggambarkan dua patung Kerajaan Majapahit yang dicuri dari Indonesia.

Dari situs web Jaksa Wilayah Manhattan, diketahui bahwa kumpulan artefak tersebut ditemukan dari berbagai investigasi yang sedang berlangsung terhadap jaringan perdagangan barang antik yang menargetkan artefak di Asia Tenggara. Subhash Kapoor, seorang pengusaha galeri seni yang memiliki galeri di New York City bernama Art of the Past pada 1974, diduga terlibat dalam perdagangan artefak dari Asia Tenggara.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?