Tampang

4 Jenis Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Bisa Sebabkan Lonjakan Gula Darah

17 Mei 2024 05:30 wib. 68
0 0
4 Jenis Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Bisa Sebabkan Lonjakan Gula Darah

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang terjadi ketika kadar gula darah dalam tubuh meningkat secara tidak normal, sementara tubuh tidak dapat menggunakan gula tersebut secara efektif. Kondisi ini termasuk dalam kategori penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Gula darah memang sangat penting sebagai sumber energi bagi tubuh, tetapi jika kadar gula darah melebihi batas normal, hal ini dapat membahayakan kesehatan.

Lonjakan gula darah pada penderita diabetes sering kali dipicu oleh konsumsi makanan tinggi gula atau makanan dan minuman manis. Oleh karena itu, penderita diabetes perlu berhati-hati dalam memilih makanan sehari-hari termasuk buah-buahan. Beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang tinggi dan sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

1. Pisang
Pisang umumnya dikenal sebagai buah yang mengandung tinggi karbohidrat dan gula. Sebuah pisang sedang mengandung sekitar 14 gram gula. Meskipun pisang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kaya serat, potassium, dan vitamin C, namun bagi penderita diabetes, konsumsi pisang dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak diinginkan.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang dapat meningkatkan gula darah secara signifikan pada penderita diabetes. Sebagai alternatif, penderita diabetes dapat memilih buah-buahan lain yang kadar gula dan karbohidratnya lebih rendah, seperti apel atau buah beri.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Fintech di Indonesia, Apa Kata OJK?
0 Suka, 0 Komentar, 30 Mar 2018

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?