Tampang

Tanda Orang Cerdas dari Sikap Berani Mandiri

8 Jul 2023 13:13 wib. 213
0 0
Tanda Orang Cerdas dari Sikap Berani Mandiri

Istilah "mandiri" bisa diartikan sebagai keadaan dapat berdiri sendiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain. Menjadi orang mandiri bukan berarti menolak bantuan orang lain atau merasa paling benar sendiri dalam melakukan segala hal, tetapi menjadi orang yang lebih mawas diri serta lebih berdaya dalam menjalani hidup yang lebih bermakna. Bahkan dengan sikap berani mandiri, kita bisa terdorong untuk belajar hal-hal baru dan menjadi makin cerdas lagi.

Kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sebagai pribadi mandiri pun bisa membuat kita orang yang makin cerdas. Berikut ini lima hal yang bisa jadi sebagian dari banyak hal yang menjadi tanda dirimu sebenarnya termasuk orang cerdas dari sikapmu yang berani mandiri dan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dengan kesadaran diri. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

  • Tidak Membatasi Diri Sendiri

Sikapmu yang berani belajar banyak hal dari siapa pun dan mana pun bisa membuatmu makin cerdas. Tanpa membatasi diri sendiri, kamu membuka peluang untuk meningkatkan kemampuanmu dalam berpikir dan memperkaya pengalaman hidupmu. Ada kutipan menarik dari buku Menjadi, "Membebaskan diri dari label dan ekspektasi berarti memiliki keleluasaan untuk mengambil cukup waktu dan melihat pilihan respons lain." Saat kamu bisa membebaskan dirimu dari label dan hal-hal yang membatasi dirimu, maka peluangmu untuk terus bertumbuh dan berkembang akan makin besar

  • Suka Belajar

Untuk bisa mendapatkan rasa suka dan senang belajar, perlu ada kesadaran dan kemauan yang ditumbuhkan secara mandiri dari dalam diri sendiri. Ketika kamu sudah suka belajar, maka kamu bisa menjadi pribadi yang lebih cerdas karena kamu terus melatih otakmu. Mengutip buku Growing Up Mindful, otak sangat mirip dengan tubuh. Dengan melatih otak, terutama dengan kesadaran berpikir dan latihan-latihan terkait, kita dapat mengubah bentuk dan ukuran otak, mendorong konsentrasi, fleksibilitas, dan kecerdasan, serta membangun jalur-jalur dan jaringan syaraf baru.

  • Disiplin Menggunakan Waktu
<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?