Tampang

BRIN Bocorkan Sederet Sumber Air di Ibu Kota Nusantara Hingga Jadi Kota Hijau

22 Mar 2024 13:10 wib. 72
0 0
BRIN Bocorkan Sederet Sumber Air di Ibu Kota Nusantara Hingga Jadi Kota Hijau
Sumber foto: Google

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) baru-baru ini mengumumkan rencana besar untuk mengubah ibu kota negara menjadi sebuah kota hijau yang berkelanjutan atau Forest city. Salah satu langkah kunci dalam rencana tersebut adalah menemukan sumber air yang selama ini menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan di ibu kota.

BRIN telah membocorkan beberapa sumber air potensial yang akan dimanfaatkan untuk mewujudkan visi tersebut. Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Mego Pinandito mengatakan, pemerintah sudah mempersiapkan sumber air untuk memasok kebutuhan air di IKN. Beberapa infrastruktur yang tengah dibangun termasuk waduk, embung dan kolam penampung air hujan.

IKN merupakan sebuah proyek ambisius yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan ekosistem di sekitar ibu kota. Sebagai bagian dari IKN, BRIN akan mengembangkan sistem penampungan air yang inovatif untuk memastikan pasokan air yang mencukupi bagi kebutuhan penduduk ibu kota dan kehidupan alam di sekitarnya.

Selain itu, BRIN juga merinci rencana pengelolaan sumber air dari sungai-sungai besar yang mengalir di sekitar ibu kota. Sungai-sungai ini akan dimanfaatkan sebagai sumber air bersih yang akan didistribusikan ke seluruh wilayah ibu kota. Dengan pendekatan yang berkelanjutan, BRIN berjanji untuk menjaga kualitas air sungai agar tetap bersih dan memenuhi standar kesehatan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?