Tampang

Bagusnya Pertalite Dibandingkan Pertamax Terbukti oleh Mekanik Setelah Mesin Dibongkar dan Ketahuan Kerusakannya

1 Mei 2024 14:36 wib. 682
0 0
Pertalite Dibandingkan Pertamax
Sumber foto: Fariz/otomotifnet.com

Dalam memilih bahan bakar untuk kendaraan, penting untuk mempertimbangkan spesifikasi mesin. Hal ini terbukti dari pengalaman seorang mekanik yang menemukan kerusakan pada mesin akibat penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai.

Menurut mekanik tersebut, tidak semua jenis motor cocok menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi. Sebagian besar motor dengan mesin berkapasitas kecil seperti matic atau bebek, memiliki rasio kompresi yang rendah. Hal ini membuat bensin beroktan tinggi sulit terbakar dan cenderung menahan kompresi.

Pertalite, yang memiliki angka oktan RON 90, dianggap lebih cocok untuk motor dengan rasio kompresi rendah. Mekanik tersebut menyarankan penggunaan Pertalite untuk motor bekas, guna mencegah kerak yang menumpuk pada piston.

Budi, seorang mekanik dari Lestari Motor, mengungkapkan hasil pengamatannya setelah membongkar mesin motor. Menurutnya, motor yang menggunakan Pertamax cenderung memiliki kerak yang tebal di seher, sementara motor yang menggunakan Pertalite memiliki kerak yang lebih sedikit. Oleh karena itu, menurut Budi, untuk menjaga mesin tetap sehat, sebaiknya menggunakan bahan bakar Pertalite.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ikan Terbesar di Dunia
0 Suka, 0 Komentar, 8 Mei 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?