Tampang

Pemantau PBB Laporkan Rudal Korea Utara Hantam Kharkiv Ukraina

1 Mei 2024 22:01 wib. 68
0 0
Pemantau PBB Laporkan Rudal Korea Utara

Pada awal tahun tanggal 2 Januari 2024, puing-puing dari rudal yang mendarat di Kota Kharkiv di Ukraina telah dikonfirmasi berasal dari rudal balistik seri Hwasong-11 Korea Utara. Laporan tersebut disampaikan oleh pemantau sanksi PBB kepada komite Dewan Keamanan (DK PBB) dalam sebuah laporan yang dilihat oleh kantor berita Reuters pada Senin.

Dalam laporan setebal 32 halaman tersebut, pemantau sanksi PBB menyimpulkan bahwa puing-puing yang ditemukan dari rudal yang mendarat di Kharkiv, Ukraina, pada 2 Januari 2024 berasal dari rudal seri Hwasong-11 DPRK. Temuan ini melanggar embargo senjata terhadap Korea Utara.

Secara resmi dikenal sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK), Korea Utara telah berada di bawah sanksi PBB karena program rudal balistik dan nuklirnya sejak 2006, dan tindakan tersebut telah diperkuat selama bertahun-tahun.

Tiga pemantau sanksi melakukan perjalanan ke Ukraina awal bulan ini untuk memeriksa puing-puing tersebut dan tidak menemukan bukti bahwa rudal tersebut dibuat oleh Rusia. Mereka “tidak dapat secara independen mengidentifikasi dari mana rudal itu diluncurkan, atau oleh siapa”.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?