Tampang

Makanan yang Tidak Boleh Dihangatkan untuk Kesehatan yang Lebih Baik

16 Mei 2024 05:25 wib. 89
0 0
Makanan yang Tidak Boleh Dihangatkan untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Bagi sebagian orang, memanaskan kembali makanan yang tersisa dapat menjadi pilihan yang lebih praktis daripada membuangnya. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua makanan bisa dipanaskan kembali. Beberapa jenis makanan, saat dipanaskan kembali, dapat menghasilkan zat berbahaya bagi tubuh dan mengurangi kandungan nutrisinya. Perlu diperhatikan bahwa kebiasaan memanaskan kembali makanan tertentu bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita.

Dilansir dari Natural Health 365, terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk dipanaskan kembali. Kerusakan nutrisi dan risiko penghasilan zat berbahaya dapat terjadi saat jenis makanan ini dipanaskan kembali. Dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut tentang makanan-makanan tersebut beserta alasan ilmiah yang mendukungnya.

Pertama, sayuran dengan kandungan nitrat tinggi seperti seledri, wortel, bit, bayam, dan lobak merupakan salah satu makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan kembali. Nitrat dari sayuran ini sebenarnya adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Ketika dimakan dalam keadaan mentah, bakteri di mulut kita mengubah nitrat menjadi nitrit, yang kemudian disimpan di dalam sel tubuh dalam bentuk oksida nitrat. Zat ini dibutuhkan sebagai antiinflamasi alami yang dapat menenangkan pembuluh darah. 

Namun, proses pemanasan akan mengubah nitrat dalam sayuran menjadi nitrit sebelum masuk ke dalam mulut. Setiap kali sayur nitrat dipanaskan kembali, bahan tersebut akan memproduksi racun dengan sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengonsumsi sayuran ini adalah dalam keadaan mentah, organik, dan segar. Pemanasan ulang bisa mengurangi manfaat nutrisi dan meningkatkan kemungkinan terbentuknya zat berbahaya. Selain itu, mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pemanasan kembali makanan juga akan membantu kita dalam membuat pilihan yang lebih sehat terkait dengan konsumsi makanan kita.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%