Tampang

Bos BI: Cadangan Devisa RI Aman di Tengah Gejolak Rupiah

12 Mei 2024 12:32 wib. 104
0 0
Bos BI: Cadangan Devisa RI Aman di Tengah Gejolak Rupiah
Sumber foto: google

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo kembali menegaskan bahwa cadangan devisa Indonesia sudah lebih dari cukup menurut standar nasional, yang setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor. Bahkan, cadangan tersebut juga jauh di atas standar kecukupan internasional yang sekitar 3 bulan impor.

Dalam sebuah media briefing di Gedung Thamrin, Jakarta Pusat, pada Rabu (8/5), Perry mengungkapkan bahwa cadangan devisa Indonesia sebenarnya jauh melebihi ukuran IMF (International Monetary Fund). Hal ini mengisyaratkan bahwa penurunan cadangan devisa tidak perlu dianggap sebagai masalah yang memprihatinkan.

Menurut Perry, cadangan devisa merupakan salah satu instrumen kebijakan moneter yang sangat penting dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Ini berarti bahwa cadangan devisa akan cenderung naik saat terjadi surplus neraca perdagangan dan aliran masuk modal asing ke Indonesia.

Sementara itu, cadangan devisa akan mengalami penurunan ketika terjadi defisit neraca perdagangan dan perlu dilakukan intervensi untuk menjaga stabilitas nilai tukar.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%