Tampang

Apa Dampak Gempa Bumi Terhadap Pesawat Terbang di Udara?

20 Mei 2024 10:03 wib. 46
0 0
Pesawat Terbang

Ketika berada di dalam pesawat terbang dan terjadi gempa bumi besar di darat, apakah pesawat yang sedang Anda tumpangi akan terdampak oleh bencana tersebut?

Mungkin ada beberapa dampak dari gempa bumi yang dapat menyebabkan masalah pada penerbangan. Namun, sebelum membahasnya, mari kita memahami hubungan antara atmosfer dan Bumi.

Menurut Attila Komjathy, seorang ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA dari California Institute of Technology, saat terjadi gempa bumi, tanah yang berguncang dapat menimbulkan gelombang atmosfer kecil yang merambat hingga ke ionosfer, wilayah yang luasnya bisa mencapai 1.000 kilometer di atas permukaan Bumi.

Dampak Gempa Bumi pada Atmosfer
Gempa bumi dapat menyebabkan sejumlah gangguan pada atmosfer Bumi. Gelombang seismik yang dihasilkan secara umum terdiri dari gelombang tekanan (gelombang P) dan gelombang geser (gelombang S). Meski gelombang S hanya dapat merambat melalui media padat seperti tanah, gelombang P dapat merambat melalui media lain, seperti cairan atau gas. Dengan demikian, gelombang P dapat berpindah ke atmosfer.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kaitan Bisnis Online dan SEO
0 Suka, 0 Komentar, 25 Sep 2019
Rambut Rontok? Inilah Solusinya
0 Suka, 0 Komentar, 4 Mei 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%