Tampang

Aktivasi Kembali Stasiun Cikajang Sebagai Taman Edukasi Budaya: Pendayagunaan Ruang Publik Melalui Pelatihan Pembuatan Gitar dan Festival Budaya Lokal

29 Mar 2024 10:31 wib. 398
0 0
Ruang Galeri Lokananta Solo
Sumber foto: SMSolo

Dalam upaya melestarikan budaya Indonesia, Raum Gitar Putra Berkarya bersinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta LPDP untuk menggalakkan aktivitas budaya di Stasiun Cikajang. Tema yang diusung dalam upaya ini adalah "Pendayagunaan Ruang Publik, Transformasi Ruang : Aktivasi Kembali Stasiun Cikajang Sebagai Taman Edukasi Budaya Melalui Pelatihan Pembuatan Gitar dan Festival Budaya Lokal".

Sebelum acara Festival Budaya Lokal berlangsung di Stasiun Cikajang, Kabupaten Garut, beberapa kegiatan awal akan diadakan. Salah satunya adalah rangkaian acara Pelatihan Pembuatan Gitar yang melibatkan berbagai kalangan masyarakat, seperti Lansia, Wanita, Penyandang Disabilitas, dan Remaja. Adanya pelatihan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat dalam mengembangkan keterampilan dan kecintaan terhadap seni musik, khususnya dalam pembuatan gitar.

Festival Budaya Lokal sendiri akan menampilkan beragam kegiatan, mulai dari pameran hasil karya gitar, pameran foto stasiun di wilayah Garut pada masa lampau, talkshow budaya, hingga workshop pembuatan gitar. Tidak hanya itu, pentas seni dan kegiatan budaya lainnya juga akan menjadi bagian dari festival tersebut. Seluruh rangkaian acara ini bertujuan sebagai bentuk apresiasi terhadap sejarah Stasiun Cikajang, yang masih mempertahankan eksistensinya hingga saat ini.

Pertama-tama, kegiatan pembuatan gitar dan workshop ekonomi kreatif akan dilaksanakan di Gedung Balai Kemasyarakatan Desa Giriawas, Cikajang, Kabupaten Garut. Dengan melibatkan berbagai kalangan masyarakat, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif, baik dari segi ekonomi maupun dalam memperkuat kearifan lokal.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Makanan Penghambat Proses Penuaan
0 Suka, 0 Komentar, 12 Apr 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?