Tampang

Sumbar Diterjang Banjir Bandang, BNPB Singgung Alih Fungsi Lahan

16 Mei 2024 13:51 wib. 61
0 0
Sumbar Diterjang Banjir Bandang, BNPB Singgung Alih Fungsi Lahan
Sumber foto: google

Sumatera Barat (Sumbar) saat ini sedang menghadapi musibah banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah provinsi tersebut. Banjir bandang di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) menelan 44 korban jiwa. BNPB menyinggung adanya alih fungsi di dekat aliran sungai dari Gunung Marapi yang memperbesar dampak banjir bandang. Selain itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga menyuarakan perhatiannya terhadap alih fungsi lahan sebagai salah satu faktor yang memperburuk dampak bencana banjir bandang di Sumbar.

Banjir bandang merupakan bencana alam yang sering terjadi di wilayah-wilayah dengan curah hujan tinggi, seperti di Indonesia. Sumatera Barat, dengan topografi yang cenderung berbukit-bukit, rentan terhadap bencana banjir bandang akibat luapan sungai-sungai yang melintasi daerah tersebut. Hal ini juga diperparah oleh adanya alih fungsi lahan yang mengubah pola tata guna lahan dari hutan atau lahan pertanian menjadi perumahan atau industri. Fenomena ini telah menjadi perhatian serius bagi BNPB.

Menurut data yang dikeluarkan oleh BNPB, alih fungsi lahan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan risiko bencana banjir bandang di Sumatera Barat. Penebangan hutan dan perubahan fungsi lahan yang tidak terkendali telah menyebabkan hilangnya fungsi resapan air dan ketersediaan lahan terbuka yang berperan dalam penyerapan air hujan. Akibatnya, curah hujan yang tinggi dapat dengan mudah menyebabkan banjir bandang yang merusak.

Selain itu, alih fungsi lahan juga berdampak pada terganggunya ekosistem alami yang sebelumnya melindungi daerah dari bencana alam. Hutan-hutan yang berfungsi sebagai penahan air dan perlindungan alami terhadap tanah longsor kini telah terancam oleh praktik alih fungsi lahan yang merusak ekosistem.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Game yang disukai Remaja
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2024

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?