Tampang

Penjelasan Garuda Indonesia soal Percikan Api di Pesawat Calon Haji

16 Mei 2024 05:29 wib. 77
0 0
Penjelasan Garuda Indonesia soal Percikan Api di Pesawat Calon Haji
Sumber foto: google

Garuda Indonesia telah memberikan penjelasan terkait insiden percikan api yang terjadi pada pesawat GA-1105 yang mengangkut ratusan calon jemaah haji kloter lima embarkasi Makassar. Percikan api tersebut muncul dari bagian sayap pesawat, sesaat sebelum lepas landas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia, menyatakan bahwa pesawat tersebut telah melakukan prosedur Return to Base (RTB) atau kembali ke bandara asal sebagai langkah cepat untuk memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional. Keputusan untuk melakukan RTB diambil oleh Pilot in Command (PIC) setelah mempertimbangkan kendala pada mesin pesawat yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut akibat adanya percikan api pada salah satu engine.

"RTB sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut," kata Irfan dalam keterangannya, Rabu (15/5).

Irfan menjelaskan bahwa pesawat tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 17.15 WITA dan seluruh penumpang diarahkan kembali menuju asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti. Garuda Indonesia juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada seluruh jemaah haji penerbangan tersebut, serta melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait untuk memastikan tindak lanjut penanganan jamaah agar dapat melanjutkan perjalanan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?