Tampang

Gunung Ibu di Maluku Utara Naik Level Status dari Siaga ke Awas

18 Mei 2024 16:11 wib. 343
0 0
Gunung Ibu di Maluku Utara Naik Level Status dari Siaga ke Awas
Sumber foto: google

Gunung Ibu di Maluku Utara telah menjadi perhatian utama dalam beberapa tahun terakhir ini. Kenaikan aktivitas gunung berapi tersebut membuat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memutuskan untuk meningkatkan status Gunung Ibu dari siaga menjadi awas. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya aktivitas vulkanik di Gunung Ibu yang menunjukkan adanya potensi erupsi yang lebih besar. 

Tingkat aktivitas Gunung Ibu dinaikkan dari siaga menjadi awas terhitung pada 16 Mei 2024, pukul 15.00 WIT," kata Kepala Badan Geologi Muhammad dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.Gunung Ibu terletak di Pulau Halmahera, Maluku Utara, dan merupakan salah satu gunung berapi yang aktif di Indonesia. Ketinggian Gunung Ibu mencapai 1.325 meter di atas permukaan laut, menjadikannya sebagai salah satu gunung berapi tertinggi di wilayah itu. 

Menurut Ade, jarak kawah gunung dengan permukiman sekitar 6 hingga 7 kilometer. Saat ini posko pengungsian telah didirikan di Gedung Pertemuan Kecamatan Ibu Tengah dan dipersiapkan juga di Kantor Pemantauan Gunung Api (PGA) Ibu di Desa Gam Ici. "Tadi malam kami geser di Kecamatan Ibu Tengah, tepatnya di gedung pertemuan samping rumah camat, untuk sementara di situ. Yang berikut ini kalau memang ada lagi pengungsian, maka kami akan geser di samping Kantor PGA Ibu di Desa Gam Ici. Kalau berdasarkan informasi dari tim PGA, itu memang dia masuk zona aman," tutur Ade. 

PVMBG, dalam keterangannya, menyebutkan bahwa peningkatan status Gunung Ibu tersebut didasarkan pada hasil pemantauan seperti adanya aktivitas guguran lava pijar dan tremor vulkanik yang terus menerus. Selain itu, teramati pula adanya peningkatan suhu pada kawah Gunung Ibu, menandakan adanya peningkatan aktivitas vulkanik di dalam kawah tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

jeruk nipis
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jun 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA?