Tampang

Rekam Jejak PM Slovakia yang Ditembak, Ubah Kebijakan Jadi Pro Rusia

17 Mei 2024 10:18 wib. 78
0 0
PM Slovakia Robert Fico
Sumber foto: instagram

Perdana Menteri (PM) Slovakia, Robert Fico, menjadi sasaran penembakan oleh pria bersenjata pada Rabu (15/5), mengalami lima kali luka tembak yang membuatnya dalam kondisi kritis. Namun, kesehatannya kemudian stabil setelah menjalani perawatan medis yang intensif.

Menteri Dalam Negeri Slovakia, Matus Sutaj Estok, menegaskan bahwa percobaan pembunuhan terhadap Fico diduga bermotif politik dan terjadi sesaat setelah pemilihan presiden. Estok juga menyatakan bahwa penembakan tersebut membuat kondisi Fico dalam bahaya nyata.

Penembakan tersebut terjadi di Kota Handlova, Slovakia tengah, dan mengundang kecaman internasional. Slovakia, sebagai anggota NATO dan Uni Eropa, jarang mengalami kekerasan politik dalam sejarahnya.

Kebijakan luar negeri Slovakia juga mengalami perubahan signifikan sejak Fico menjabat sebagai PM. Awalnya bersifat pro-Eropa, kebijakan tersebut berubah menjadi cenderung mendukung pandangan pro-Rusia. Pada masa kepemimpinan Fico, Slovakia menarik dukungan militer untuk Ukraina, menolak sanksi terhadap Rusia, dan menentang potensi keanggotaan NATO bagi Ukraina di masa depan. Hal ini menunjukkan pergeseran sikap yang signifikan dalam hubungan internasional Slovakia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?