Tampang

PBB Sebut Hak Asasi Warga Sangat Terampas di Haiti

29 Mar 2024 12:03 wib. 98
0 0
Kerusuhan Haiti 2024
Sumber foto: reuters

Kantor Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (OHCHR) mengeluarkan pernyataan keras pada hari Rabu, mengecam situasi hak asasi manusia yang memburuk di Haiti. Pernyataan tersebut menyebut bahwa hak asasi warga Haiti "sangat terampas" dan menyerukan tindakan segera dari komunitas internasional untuk mengatasi krisis yang sedang berlangsung.

Laporan OHCHR menyoroti berbagai pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Haiti, termasuk:

Kekerasan geng yang meluas: Geng-geng bersenjata menguasai banyak wilayah di Haiti, melakukan pembunuhan, pemerkosaan, penculikan, dan pemerasan dengan kekebalan hukum.
Ketidakamanan yang meluas: Warga Haiti hidup dalam ketakutan dan tidak dapat menjalankan kehidupan normal karena tingkat kejahatan yang tinggi.
Krisis kemanusiaan: Haiti mengalami kekurangan makanan, air, dan obat-obatan yang parah.
Kelemahan sistem peradilan: Sistem peradilan Haiti lemah dan korup, dan banyak pelanggaran hak asasi manusia tidak diinvestigasi atau dihukum.

"Situasi di Haiti sangat mengkhawatirkan," kata Michelle Bachelet, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia. "Hak asasi warga Haiti sangat terampas, dan mereka membutuhkan bantuan mendesak dari komunitas internasional."

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?