Tampang

Memorandum Kesepahaman antara Bank Sentral UEA dan Bank Indonesia

16 Mei 2024 20:58 wib. 63
0 0
Memorandum Kesepahaman antara Bank Sentral UEA dan Bank Indonesia
Sumber foto: iStock

Bank sentral Uni Emirat Arab dan Indonesia telah menandatangani memorandum kesepahaman untuk mempromosikan penggunaan mata uang nasional masing-masing dalam perdagangan bilateral, dengan tujuan mengurangi ketergantungan pada dolar Amerika Serikat.

Kerangka kerja ini mendukung implementasi bertahap transaksi menggunakan mata uang lokal dan bertujuan untuk mengembangkan pasar keuangan untuk pertumbuhan ekonomi dan stabilitas. Perdagangan non-migas antara Uni Emirat Arab dan Indonesia telah meningkat dua kali lipat dari tahun 2017 hingga 2023, mencapai lebih dari 16 miliar dirham.

MoU tersebut merincikan langkah-langkah untuk memfasilitasi penyelesaian perdagangan lintas batas dalam dirham Uni Emirat Arab dan rupiah Indonesia, meningkatkan kerja sama keuangan dan mengurangi biaya transaksi. Langkah ini mengikuti upaya serupa oleh negara lain, seperti Tiongkok dan Arab Saudi, untuk memperkuat kerja sama keuangan melalui perjanjian mata uang lokal.

Implementasi kesepakatan ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi kedua negara dalam hal diversifikasi mata uang yang digunakan dalam perdagangan bilateral. Mendorong penggunaan mata uang lokal juga dapat membantu meredakan tekanan terkait fluktuasi nilai tukar terhadap dolar AS serta meningkatkan kedaulatan ekonomi masing-masing negara.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?