Tipe Wisatawan Manakah Kamu Ketika Berlibur?

Tanggal: 7 Jul 2018 11:07 wib.
Liburan adalah salah satu hal menyenangkan yang bisa kita lakukan untuk rehat sejenak dari aktivitas harian kita. Liburan identik dengan bersenang-senang dan melakukan hal yang disukai. Nah, ternyata ada beberapa tipe orang dalam melakukan aktivitas liburannya lho. Sebut saja, ada berbagai tipe wisatawan ketika berlibur. Kita lihat yuk!

Wisatawan Tipe Media Sosial

Liburan artinya menambah koleksi foto untuk dijadikan profile picture, status, atau mengaploadnya ke media sosial. Orang dengan tipikal ini, biasanya berlibur tak lepas dari telepon seluler yang terisi penuh (beterai lengkap dengan kuota internetnya), kamera beserta tripodnya, dan tak lupa juga biasanya membawa asesoris pelengkap ketika berfoto. Sebut saja kacamata hitam, topi-topi cantik, selendang, alas piknik cantik, atau keranjang piknik. Ketika menemukan objek atau spot cantik, maka wisatawan tipe ini akan beraksi dengan perlengkapan mengambil gambarnya. Ketika berfoto, bisa full dengan foto selfie atau juga mengajak teman berliburnya. Bagi wisatawan tipe ini, berfoto tak cukup hanya dengan 1 atau 2 gaya saja. Biasanya, bisa beberapa set gaya di tempat yang sama. Sebagai informasi, foto bisa diambil dari berbagai sudut yang berbeda juga dengan filter yang bervariasi.

 

Wisatawan Tipe Pembelajar

Liburan memang waktunya bersenang-senang, tapi untuk seseorang yang senang belajar, liburan juga bisa berarti mencari ilmu dan wawasan baru lho. Biasanya, tipe wisatawan ini akan membawa notebook, bisa notebook digital atau pun manual. Dia juga membutuhkan telepon seluler untuk mengambil gambar. Bedanya dengan wisatawan tipe sebelumnya, dia membutuhkan foto untuk mengabadikan detil tempat atau objek, bukan moment! Selain ‘merekam’ ilmu dengan mancatat dan mengambil gambar, biasanya ia juga senang jika menemukan penduduk lokal yang bisa dijadikan tempat bertanya tentang objek wisata yang dikunjungi. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah mengamati, membaca, bercakap-cakap, atau menyimak penjelasan pemandu wisata. Oh, iya tipe wisatawan seperti ini juga senang jika mendapati leaflet, peta wisata, atau penjelasan yang bisa dijadikan buah tangan dari objek wisata.

 

Wisatawan Tipe Pencari Ketenangan

Ternyata, tak juga semua senang berwisata beramai-ramai ya. Ada juga wisatawan dengan tipe mencari ketenangan. Biasanya tempat yang dipilih adalah tempat-tempat yang belum banyak diketahui oleh orang lain, bukan juga tempat populer, apalagi kekinian. Bisa jadi tempat yang dipilih semacam pantai yang belum banyak terjamah atau justru kawasan yang memang bukan kawasan ‘umum’ wisata. Tipe ini bisanya membawa buku, menyiapkan telepon seluler, juga headsetnya. Tipe ini juga biasanya senang bepergian sendirian. Intinya dia berwisata untuk meredakan pikiran dari hingar bingar dunia keseharian.

 

Wisatawan Tipe Pencari Inspirasi

Wisatawan tipe ini biasanya, memiliki profesi yang membutuhkan ide dalam menjalankan pekerjaannya. Sebut saja penulis, seniman, perancang (busana, interior), atau berbagai profesi lainnya. Wisatawan dengan tipe seperti ini mengaplikasikan peribahasa, “Sambil menyelam minum air”. Dia menukmati tempat liburannya sekaligus mendapatkan juga inspirasi baru untuk dibawa ke dunia kesehariannya (baca: dunia pekerjaan).

 

Nah, tipe wisatawan mana kah kamu ketika berlibur?

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved