Sumber foto: Unsplash

Peningkatan minat Wisatawan Indonesia ke Asia Tenggara: Thailand Menjadi Tujuan Utama

Tanggal: 19 Jun 2024 18:39 wib.
Minat para wisatawan Indonesia untuk menjelajahi negara-negara tetangga di Asia Tenggara mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.Platform perjalanan digital Agoda mengungkapkan adanya peningkatan sebesar 26% dalam perjalanan dari Indonesia ke destinasi di Asia Tenggara dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan pencarian akomodasi di Agoda, Thailand menjadi pilihan utama bagi wisatawan Indonesia di Asia Tenggara, diikuti oleh Singapura, Filipina, dan Laos.

Survei Agoda juga mengungkapkan bahwa wisatawan Indonesia tidak hanya bersemangat untuk menjelajahi destinasi baru, tetapi mereka juga semakin peduli terhadap pilihan travel yang berkelanjutan. Sebanyak 79% dari wisatawan Indonesia menginginkan pengalaman travel yang lebih ramah lingkungan.

Bagi para wisatawan ini, insentif finansial, ketersediaan paket perjalanan berkelanjutan, dan panduan perjalanan berkelanjutan yang jelas adalah faktor penting dalam memilih destinasi dan aktivitas.

Ketika ditanya tentang praktik perjalanan berkelanjutan yang diprioritaskan, wisatawan Indonesia mengindikasikan bahwa mendukung komunitas lokal dan proyek konservasi (29%), aktif dalam daur ulang dan mengurangi sampah (19%), dan memilih paket perjalanan berkelanjutan yang mempromosikan kegiatan dan tur berfokus pada konservasi (18%) merupakan pilihannya.

Bagi para wisatawan yang peduli lingkungan, Agoda menawarkan program Eco Deals. Program ini memberikan diskon hingga 15% untuk akomodasi dan menyumbangkan satu dolar ke World Wide Fund for Nature (WWF) untuk setiap pemesanan yang dilakukan.

"Semakin banyak wisatawan Indonesia yang berani menjelajah ke luar negeri, dan program Eco Deals memberikan kesempatan bagus bagi mereka untuk tidak hanya mendapatkan pengalaman baru tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap destinasi yang mereka kunjungi," ujar Wakil Presiden Agoda Enric Casals pada hari Senin (6/10).

"Diperkirakan terdapat sekitar empat ribu properti yang tersedia untuk dipilih di Asia Tenggara, sehingga ada akomodasi Eco Deals yang ideal untuk setiap wisatawan Indonesia," tambahnya.

Peningkatan minat wisatawan Indonesia ke Asia Tenggara, khususnya Thailand, menjadi tujuan utama mereka, menunjukkan bahwa pasar wisata Indonesia semakin berkembang. Hal ini juga mencerminkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan keberlanjutan dalam perjalanan.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved