Sumber foto: pinterest

Nikmati Liburan di Pulau Pasumpahan, Wisata Alam Indah di Kota Padang

Tanggal: 15 Jun 2024 14:13 wib.
 Kota Padang tidak hanya terkenal dengan kulinernya yang nikmat tetapi juga menyimpan sejumlah tempat wisata alam yang menarik. Diketahui, kota ini memiliki pulau eksotis dan termasuk dalam pulau terindah di Sumatera Barat bernama Pulau pasumpahan.

Melansir dari situs Provinsi Sumatera Barat, Pulau Pasumpahan merupakan sebuah pulau yang berada di perairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang Sumatera Barat. Pulau ini bisa diakses menggunakan speed boat dari Teluk Bungus dan dekat dari Kota Padang.

Pulau Pasumpahan terkenal sebagai salah satu pulau tercantik karena memiliki keindahan alam mempesona. Pulau ini tidak hanya dikenal oleh para wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara.

Memiliki pasir putih yang cantik Pulau Pasumpahan juga terkenal dengan daya tarik keindahan bawah lautnya. Pasalnya keindahan terumbu karang di pulau ini masih terjaga dengan baik.

Para wisatawan yang menikmati waktu berlibur di pulau ini bisa melakukan aktivitas menyelam di beberapa tempat yang disediakan. Selain pemandangan terumbu karang yang cantik Pulau Pasumpahan juga memiliki beragam jenis ikan menarik. 

Pulau Pasumpahan juga terkenal sebagai pulau yang tenang dan cocok dikunjungi untuk menikmati waktu liburan atau sekedar bersantai untuk lari dari keramaian kota. Sebagai informasi, Pulau Pasumpahan termasuk dalam pulau yang berpotensi untuk wisata.

Mengutip dari unggahan media sosial Pesona Indonesia, Pulau Pasumpahan memiliki pemandangan indah ketika matahari terbenam. Sehingga, wisatawan bisa mendapatkan suasana santai dan damai dengan pemandangan langit warna-warni.

Mengenal Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan berada di Perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. Pulau ini berlokasi tidak jauh dari Pulau Sikuai dan memiliki pemandangan indah karena termasuk dalam pulau eksotis.

Pulau Pasumpahan diketahui memiliki luas sekitar lima kilometer dan sering dikunjungi oleh nelayan yang bertedung dan berkumpul. Para wisatawan juga bisa melihat aktivitas nelayan yang sedang menangkap ikan atau menjaring ikan dari pinggir pantai.

Awalnya, Pulau Pasumpahan merupakan salah satu pulau yang diketahui tak berpenghuni. Namun, karena mempunyai potensi wisata yang besar dari wisatawan lokal dan mancanegara beberapa masyarakat setempat mulai mengelola pulau ini.

Bahkan, saat ini Pulau Pasumpahan memiliki penginapan atau cottage menarik yang bisa disewa. Wisatawan juga bisa mendirikan tenda atau menyewa tenda untuk berkemah dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi dan Rute ke Pulau Pasumpahan

Seperti disebutkan sebelumnya, Pulau Pasumpahan berlokasi di Perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. Pengunjung yang ingin berlibur ke pulau ini bisa melakukan perjalanan dari Kota Padang.

Diketahui jarak Pulau Pasumpahan dari Kota Padang sekitar 32,6 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 8 menit. Para pengunjung bisa mendatangi pulau tersebut dengan menyeberang dari Pelabuhan Teluk Bungus atau Sungai Pisang.

Melansir dari beberapa sumber perjalanan dari Kota Padang ke Pelabuhan Teluk Bungus mempunyai jarak 17,5 km dengan waktu tempuh sekitar 37 menit. Sementara, perjalanan dari Kota Padang ke Sungai Pisang menempuh jarak 32,6 km atau sekitar 1 jam 6 menit.

Sebagai informasi, perjalanan dari Sungai Pisang dinilai lebih dekat dibandingkan dari Pelabuhan Teluk Bungus. Pasalnya, dermaga Sungai Pisang menuju Pulau Pasumpahan mempunyai jarak yang dekat sekitar 1,4 km.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved