Mari Kita Berburu Oleh-oleh!

Tanggal: 7 Jul 2018 12:35 wib.
Liburan rasanya sulit dipisahkan dengan oleh-oleh. Itu juga kata yang sering diucapkan saudara, teman, kerabat, atau tetangga kita ketika tahu kita akan atau sedang berlibur.

“Jangan lupa oleh-olehnya ya!” kurang lebih itu kalimat yang sering diucapkan bukan?

Oleh-oleh ternyata bukan hanya sekedar pemberian biasa lho. Tapi oleh-oleh bisa juga bermakna bahwa orang yang sudah berlibur juga ingin berbagi keriangan dan kebahagiaan dari liburannya pada saudara, teman, kerabat, atau tetangga. Nah, di kota-kota Indonesia ini sungguh beragam oleh-oleh yang bisa diburu sebagai tanda cinta kita yang sudah berlibur. Kita lihat yuk beragam oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia!

Oleh-oleh dari Bandung

Tak akan kehabisan ide untuk membawa oleh-oleh apa dari Kota Bandung ini, mulai dari pakaian hingga makanan kekinian ada di sini. Mengapa pakaian? Mungkin kini tak terlalu populer juga membawa oleh-oleh celana jeans dari Bandung. Namun sebelum tahun milenial seperti sekarang, orang-orang yang datang ke Kota Bandung sering berburu celana jeans di kawasan Jalan Cihampelas lho. Di Cihampelas ini terkenal dengan celana jeans dengan berbagai model dan juga ukuran! Jika kalian atau saudara kalian sering kesulitan membeli celana jeans karena oversize, datanglah ke daerah Cihampelas ini. Selain jeans, Bandung juga terkenal dengan industri sepatu kulit di kawasan Cibaduyut. Sentra sepatu kulit ini konon terkenal hingga ke luar negeri lho. Yuk, kita menjadi konsumen produk negeri kita sendiri!

Bandung adalah surganya kuliner! Makanan di Bandung terkenal memanjakan lidah, bukan hanya makanan yang dijual di cafe ternama saja lho yang terkenal, namun makanan yang dijajakan di kaki lima pun tak kalah memanjakan lidahnya. Nah, makananlah yang banyak dijadikan oleh-oleh dari Bandung. Ada banyak brand kue kekinian yang bisa menjadi oleh-oleh. Namun kalau kalian ingin menikmati makanan tradisionalnya, ada peyeum, keripik oncom, dan keripik tempe, yang bisa menjadi oleh-oleh.

 

Oleh-oleh dari Yogya

Yogyakarta adalah salah satu kota yang menjadi destinasi wisata ketika liburan. Dari kota ini banyak juga yang bisa dijadikan buah tangan. Kalau Bandung terkenal dengan jeans dan sepatu kulitnya. Yogya terkenal dengan batiknya. Batik bisa kalian sesuai dengan peruntukkannya, ada yang memang bisa dipakai untuk sehari-hari semacam piyama, daster, atau baju santai, hingga batik ‘serius’ untuk acara formal atau pesta.

Tampaknya sudah menjadi rahasia umum ya, jika oleh-oleh itu kebanyakan adalah makanan lokal di tempat wisata. Nah di Yogya ini terkenal dengan oleh-oleh gudegnya. Jangan khawatir jika makanan ini akan tidak bisa dikonsumsi ketika kita tiba di kota kita masing-masing. Karena sekarang ada gudeg kalengan lho. Dijamin awet dan tahan lama. Dan yang tak kalah populernya menjadi oleh-oleh yogya adalah bakpia! Bakpia dengan berbagai rasa ada di kota ini.

 

Oleh-oleh dari Garut

Garut adalah salah satu kota yang tak jauh dari Bandung. Tapi untuk urusan oleh-oleh, ternyata Garut punya khasnya tersendiri lho. Siapa yang tak kenal dengan dodol garut. Dodol dengan berbagai rasa dan bahan kini banyak dikembangkan di Kota Garut. Bahkan kini Garut terkenal dengan Chocodot-nya! Olahan coklat dengan isian dodol berbagai rasa. Rasanya tak kalah dengan oleh-oleh coklat dari luar negeri lho.

Ada juga kerupuk kulit atau biasa disebut dengan dorokdok yang terkenal dari Garut. Soal oleh-oleh berupa pakaian? Di Garut juga ada sentra pengrajin kulit yang menghasilkan jaket, tas, dompet, dan berbagai produk dari kulit lainnya. Konon, hasil dari sentra pengrajin kulit ini juga dikirim ke luar negeri lho.

 

Oleh-oleh dari Bali

Siapa yang tak kenal Bali? Destinasi wisata wisatawan yang terkenal hingga keluar negeri. Dari Bali juga banyak oleh-oleh yang bisa dipilih. Jika membicarakan tentang oleh-oleh pakaian. Pakaian pantai berbahan batik jumputan banyak lho di kota yang satu ini. Di sini menjamur toko-toko yang menjual pakaian pantai! Kebanyakan selain sebagai oleh-oleh, para wisatawan juga langsung memakainya di kota ini.

Kalau membicarakan makanan, ada pie susu yang menjadi salah satu oleh-oleh andalan. Selain itu ada juga berbagai kacang! Mulai dari kacang disko, kacang Bali, juga varian kacang dengan berbagai rasa.

 

Bagaimana, menarik bukan berburu oleh-oleh jika berlibur di beberapa kota di negeri ini?

   
Copyright © Tampang.com
All rights reserved