Kebun Raya Baturaden, Wana Wisata yang Sejuk di Lereng Gunung Slamet

Tanggal: 28 Jun 2018 16:43 wib.
Berswafoto atau selfie dengan latar belakang pemandangan indah sudah lama menjadi tren. Oleh karena itu, banyak penyuka swafoto berusaha mencari tempat atau pemandangan yang menarik untuk diabadikan dengan kamera. Salah satunya adalah kompleks Kebun Raya Baturaden.

Kebun Raya Baturaden berlokasi sekitar satu kilometer dari pintu gerbang Wana Wisata Baturaden, dengan ketinggian antara 600-700 meter di atas permukaan laut. Dengan ditunjang jalan mulus menuju wanawisata, pengunjung juga bisa menikmati hutan pinus di kiri kanan jalan menuju Kebun Raya Baturaden. Sepanjang mata memandang adalah warna hijau. Udara yang berembus terasa segar dan hawa nan sejuk benar-benar membuat badan serta semua pancaindera menjadi rileks.

Dari jalan raya menuju pintu gerbang tersebut difalisitasi jalan berundak, cukup lumayan membuat kaki sedikit pegal. Akan tetapi, di situlah, daya tarik olah raga kecil di tengah hutan yang berhawa sejuk dan segar. Ditambah lagi, di ujung utara jalan berundak terpapar barisan hutan pinus.

Di samping jalan terhampar tumbuhan mini dengan daun yang berwarna-warni. Salah satunya adalah tanaman miana daun merah dengan warna merah ngejreng. Tumbuhan yang memiliki tinggi maksimal satu meter itulah, yang menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berswafoto.

Dengan luas lahan 143,5 hektare, Kebun Raya Baturaden sebenarnya sangat berpotensi menjadi kebun raya dengan koleksi terlengkap, karena letaknya di lereng Gunung Slamet yang kaya akan flora pegunungan. Namun, saat ini baru 11,5% lahan yang dimanfaatkan dan menyimpan koleksi tumbuhan sebanyak 2.637 jenis.

Kebun Raya Baturaden memiliki koleksi 116 suku, 396 marga, 571 spesies, 2.637 spesimen. Jumlah tersebut, dimungkinkan terus bertambah untuk melengkapi koleksi tanaman dan tumbuhan dari pegunungan di Pulau Jawa.

Kebun Raya Baturaden dilengkapi dengan rumah kaca, rumah kompos, rumah anggrek, rumah pembibitan, taman paku, taman tematik, taman obat, dan lain-lain. Kebun Raya Baturaden juga siap menjadi sarana belajar bagi para siswa. Bahkan pengelola sudah melakukan promosi ke sekolah-sekolah sejak dua bulan sebelumnya dan ke depan akan dijalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan di tiap kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Kebun Raya Baturaden mempunyai potensi sebagai kebun raya terbesar di Indonesia. Selain lokasinya strategis, kebun raya itu memiliki lahan luas sehingga mampu menampung lebih banyak tanaman langka. Kebun raya ini sangat tepat sebagai sarana belajar tentang keanekaragaman flora.

Alih fungsi lahan di Pulau Jawa berlangsung sangat cepat. Dengan demikian, pengelola kebun raya harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan flora pegunungan. Kebun Raya Baturaden merupakan kebun raya ke-4 yang diharapkan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Jika Anda tertarik datang ke Kebun Raya Baturaden, patuhilah semua tanda peringatan agar flora yang berada di sana tetap lestari dan terjaga keindahannya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved