Berbagai Keunikan Destinasi Wisata Desa Sukarara Lombok yang Sayang untuk Dilewatkan

Tanggal: 8 Jun 2023 14:32 wib.
Lombok seringkali disebut-sebut sebagai salah satu pulau tropis terbaik di Indonesia. Setelah Bali, Pulau Lombok selalu menjadi tujuan favorit bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Terletak di bagian timur Pulau Sumbawa, Lombok memiliki beragam tempat wisata yang menarik terutama di bidang wisata alam.

Lombok tidak akan membuat kecewa setiap pengunjung yang hendak berwisata. Seolah memiliki sejuta keindahan yang selalu bisa menghipnotis siapa saja. Mulai dari wisata pantai beserta biota lautnya, hingga keindahan wisata alam lainnya. Salah satu yang tidak bisa Anda lewatkan, yakni Desa Tenun SukararaLombok.

Sesuai dengan namanya, desa ini fokus menunjukkan sisi wisata mereka lewat kerajinan tenun. Dengan mengunjungi wisata Sukarara, Anda tidak hanya berlibur. Namun, juga belajar lebih jauh mengenai seni tenun. Hal tersebut bisa menambah wawasan Anda mengenai tenun menenun.

Wisata Desa Sukarara menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap. Diharapkan dengan lengkapnya fasilitas yang sudah disediakan, membuat pengunjung lokal maupun mancanegara tertarik untuk berlibur ke desa wisata satu ini.

Desa Sukarara merupakan salah satu desa wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Lombok. Tradisi yang dimiliki desa ini sangatlah unik, yaitu mengharuskan dan mewajibkan semua wanita di sana bisa menenun. Hal ini dikarenakan mata pencaharian masyarakat desa tersebut adalah sebagai penenun.

Berikut ini adalah beberapa keunikan Desa Sukarara :

Mata Pencaharian Utama adalah Kerajinan Tenun

Masyarakat desa ini dikenal karena mata pencaharian utama mereka adalah sebagai tukang tenun. Bermula dari tradisi turun temurun yang mewajibkan setiap wanita desa ini harus bisa menenun. Akhirnya hingga sekarang kebanyakan kaum hawa di sana banyak yang berprofesi sebagai tukang tenun.

Hasil tenunan masyarakat desa dibentuk menjadi kain songket khas desa tersebut. Bagi pengunjung yang berwisata ke Sukarara, tidak ada salahnya untuk menjadikan kain songket warga desa sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas dari Desa Sukarara. Ini akan menjadikan kain songket desa ini semakin dikenal luas oleh banyak orang.

Pakaian Adat Khas Sukarara

Pakaian adat menjadi ciri khas hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Sebagai salah satu kekayaan budaya yang sangat berharga, sudah seharusnya kita semua menjaga kekayaan yang kita miliki. Tak terkecuali, pakaian adat khas Desa Sukarara yang terbuat dari tenunan kain songket.

Desa Sukarara mempunyai ciri khas tersendiri dari segi pakaian adat. Dengan memanfaatkan kekayaan budaya, yang tak lain dan tak bukan kain songket, membuat pakaian adat Sukarara tak pernah lepas dari kain songket hasil tenunan masyarakat Sukarara Lombok.

Selalu Menjaga Tradisi Menenun

Seiring berjalannya waktu, sebagian masyarakat tidak lagi berprofesi sebagai tenun kain songket dengan cara tradisional. Karena dari segi wisata Sukarara lebih unggul, tak jarang masyarakat banyak yang lebih memilih bekerja sebagai pemandu wisata yang mulai dikenal banyak orang.

Walaupun begitu, masyarakat lainnya masih terus menjunjung tinggi tradisi tenun secara tradisional ini. Mereka menganggap bahwa ini merupakan salah satu warisan budaya nenek moyang yang harus dilestarikan. Maka dari itu, Anda akan tetap bisa menemui garis-garis penenun di Sukarara Lombok.



Nah bagi Anda yang ingin berwisata ke Lombok, kini ada paket wisata Lombok murah dari Internusa Transport. Internusa Transport memberikan layanan tur atau sewa transportasi yang mudah dan efisien, memungkinkan Anda mendapatkan pelayanan yang terbaik dan istimewa. Telah lebih dari 10 tahun bergerak dalam bidang pariwisata melayani para agensi tur dan traveler mandiri seperti group tur atau family tour.

Tersedia berbagai pilihan paket tour Lombok murah yang ditawarkan oleh Internusa Transport merupakan paket tour Lombok pilihan yang tepat untuk Anda. Paket tour yang ditawarkan juga menarik dari segi budget dan destinasi wisata. Selain itu paket tour dari Internusa Transport dikemas secara fleksibel menyesuaikan dengan keinginan Anda atau custom rute perjalanan sendiri. Yuk segera tentukan paket pilihan Anda, hubungi alamat di bawah ini :

 

 

Internusa Transport

Jl. Adi Sucipto Gg. Golf, Lingkungan Tinggar,

Ampenan Utara, Mataram, Kec. Ampenan,

NTB. 83111 Indonesia

Contact Person : +62 821-8804-2000

Email: internusatranslombok@gmail.com
Copyright © Tampang.com
All rights reserved