Sumber foto: iStock

Waspada Call Center Palsu, Begini Tips Hindari Penipuan Voice Phising

Tanggal: 20 Okt 2024 12:00 wib.
Semakin berkembangnya teknologi, tindak kejahatan juga turut berkembang dengan modus yang semakin canggih melalui saluran digital. Tidak hanya melalui email, pesan singkat, atau surel, penipuan juga kerap terjadi lewat panggilan telepon, yang sering kali mengatasnamakan Bank. Penipuan melalui saluran digital ini dapat menimbulkan kerugian, terutama dari segi finansial, bagi para korbannya. Salah satu modus penipuan yang baru-baru ini teridentifikasi adalah penggunaan nomor Call Center palsu yang menyerupai nomor resmi Bank untuk menghubungi korban.

Modus penipuan yang dikenal dengan sebutan Voice Phishing (Vishing) atau Penipuan Panggilan Palsu merupakan tindakan kejahatan di dunia maya yang menggunakan panggilan telepon untuk memperoleh informasi pribadi yang bersifat sensitif dan rahasia, seperti nomor kartu dan kata sandi, dengan tujuan mengakses keuangan korban. 

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) sendiri tidak pernah melakukan kontak dengan nasabah atau calon nasabah menggunakan nomor Call Center 1500611 atau nomor telepon +62 1500611.

Vishing atau voice phishing merupakan taktik penipuan di mana pelaku berusaha memancing emosi korban dengan berpura-pura menjadi perwakilan dari Bank Maybank atau Maybank Indonesia. Para pelaku kemudian akan memberitahukan kepada korban bahwa telah terjadi aktivitas atau transaksi yang mencurigakan pada kartu kredit korban, bahkan ada yang menyatakan korban sebagai pemenang undian atau penerima hadiah. 

Setelah itu, korban akan diarahkan untuk melakukan pemblokiran kartu kredit dengan alasan keamanan yang bersifat mendesak. Pelaku biasanya juga akan mengirimkan pesan melalui SMS, WhatsApp, atau email berisi tautan yang mengharuskan korban untuk mengisi data pribadi rahasia seperti nomor kartu kredit, nomor rekening, tanggal kedaluwarsa kartu, kode CVV, OTP dari SMS, ID pengguna, dan kata sandi aplikasi M2U ID.

Hal ini umumnya terjadi di malam hari, di mana korban mungkin tidak dalam kondisi yang optimal dan mudah untuk dipengaruhi emosinya. Oleh karena itu, perlu untuk selalu waspada saat menerima pesan singkat, pesan WhatsApp, atau email dari nomor yang tidak dikenal. Selain itu, penting juga untuk memeriksa panggilan masuk yang diterima. 

Jika terdapat awalan seperti 021 atau +62 pada nomor 1500611, maka dapat dipastikan bahwa panggilan tersebut berasal dari Call Center palsu. Penting untuk diketahui bahwa Maybank Indonesia tidak pernah menghubungi nasabah maupun calon nasabah menggunakan nomor Call Center 1500611 atau nomor telepon +62 1500611.

Penting juga untuk tidak menyimpan nomor resmi Call Center Maybank di smartphone, sehingga bisa lebih mudah untuk mengenali apakah panggilan yang masuk berasal dari nomor Call Center resmi atau tidak. 

Jika merasa bahwa panggilan yang diterima merupakan modus penipuan, segera tutup panggilan tersebut. Selain itu, pastikan bahwa kerahasiaan data pribadi Bank tetap terjaga. Bank tidak akan pernah meminta data pribadi yang bersifat rahasia seperti nomor kartu ATM, PIN, kode CVV/CVC, masa berlaku kartu, OTP, dan sejenisnya melalui panggilan telepon.

Apabila menemukan aktivitas yang mencurigakan pada rekening, segera hubungi Call Center Maybank di nomor telepon 1500611 atau +6221 78869811 (untuk panggilan dari luar negeri), atau melalui email ke layanan pelanggan di Customercare@maybank.co.id. 

Selain itu, penting untuk selalu mengingatkan keluarga dan orang terdekat agar lebih waspada terhadap tindakan penipuan semacam ini, serta menjaga kerahasiaan data pribadi yang bersifat rahasia agar terhindar dari modus penipuan. Dengan begitu, kita dapat bersama-sama mencegah penipuan yang dilakukan melalui saluran digital, terutama dengan modus Voice Phishing.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved