Toolkit Bay Online Tools yang Memudahkan Pekerjaan

Tanggal: 24 Mar 2020 10:50 wib.
Menggeluti pekerjaan sebagai seorang programmer merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Di mana pekerjaan tersebut membutuhkan kemampuan atau skill menulis dalam merancang kode program-program komputer menggunakan bahasa-bahasa pemograman komputer. Dan semua aplikasi atau operating system yang digunakan setiap harinya baik itu aplikasi mobile, website serta desktop pun dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu. Lalu apa saja tugas dari seorang programmer? Seorang programmer memiliki tugas mengembangkan serta menciptakan aplikasi yang meliputi beberapa hal berikut ini, yaitu :

1.Mendefinisikan kebutuhan

Yaitu aplikasi yang akan dibuat nantinya akan dijalankan dengan menggunakan platform apa. Contohnya aplikasi yang digunakan pada platform web, maka program yang akan dijalankan pada komputer seperti windows versi berapa, linux dan sebagainya dengan browser tertentu.

2.Merancang flowchart

Sesudahnya kebutuhan program telah terpenuhi kemudian dibuat alur programnya. Seperti kebanyakan programmer membuat flowchart terlebih dahulu sebelum membuat sebuah program aplikasi.

3.Menuliskan kode program

Ketika alur sudah terbentuk maka langkah selanjutnya adalah mengubah flowchart tersebut menjadi program  yang menggunakan bahasa pemograman (kode-kode program) tertentu.

4.Mendebugging

Yaitu suatu proses mencari kesalahan dari program yang telah ditulis.

5.Menguji program

Melakukan pengujian program yang sudh jadi tersebut ke pengguna. Dalam hal ini biasanya sebelum dirilis ke publik dan program dirilis dalam versi beta.

Untuk menjadi seorang programmer yang handal tentunya membutuhkan keahlian-keahlian seperti kemampuan untuk memecahkan masalah, kemampuan berpikir kritis, belajar secara mandiri dan terus menerus, kemampuan membaca maksud atau instruksi yang disampaikan dan kemampuan menulis kode, menulis dokumentasi hingga membuat artikel di web atau wiki. Terlebih lagi saat ini di era yang serba digital maka tentunya akan membutuhkan pembaharuan dalam sistem kerja. Karena bila hal tersebut tidak dilakukan maka sebagai seorang programmer akan menjadi kurang efektif.



Namun kini telah hadir berbagai online tools yang dapat memudahkan serta membantu pekerjaan menjadi lebih produktif. Di era yang serba digital seperti sekarang ini maka tentunya harus terbiasa dengan semua kecanggihannya yang memberikan kemudahan sehingga dapat lebih efisien untuk memanfaatkan waktu dan juga teknologi. Salah satu online tools yang dapat memberikan kemudahan sebagai tools programmer maupun lainnya adalah toolkitbay yaitu situs website online yang menyediakan alat gratis serta mudah digunakan untuk meningkatkan produktivitas atau hanya untuk bersenang-senang.

Beberapa kategori yang terdapat di dalam Toolkit Bay antara lain adalah :


Converter


Yang terdiri dari alat yang dapat mengubah sesuatu ke dalam bentuk atau benda yang berbeda


Encryption


Yaitu alat yang melibatkan penyandian serta deskripsi termasuk menghasilkan hash atau checksum.


Number


Adalah berisi semua alat yang terkait dengan operasi angka atau matematika.


Trivia


Yaitu beberapa alat trivia yang merupakan beberapa alat keren dan hanya untuk bersenang-senang.


Encode


Adalah konversi data dari satu bentuk ke bentuk lain berdasarkan standar pengkodean yang digunakan.


Minifier


Yaitu tools yang dipergunakan untuk menghapus semua karakter yang tidak perlu dari kode sumber tanpa mengubah fungsinya untuk mengurangi ukuran kode.


Text


Yaitu suatu pemrosesan atau pengeditan untuk teks dalam kategori ini.


Validator


Merupakan langkah validasi apakah input sudah valid atau tidak berdasarkan pada aturan yang ada.

Programmer merupakan profesi yang bertugas untuk membuat aplikasi mobile dan desktop maupun website dengan menyusun beberapa bahasa pemrograman yang berdasarkan pada logaritma serta logika yang dimilikinya. Dan profesi ini tentunya merupakan profesi yang keren serta membanggakan karena tidak semua orang dapat menjadi seorang programmer. 



Untuk dapat menjadi seorang programmer yang profesional, rajinlah untuk selalu mencari tahu tentang materi pemrograman yang kini sudah banyak tersedia di internet. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia pemrograman teknologi akan selalu berkembang dan setiap saat dituntut untuk terus belajar. So, buat kamu yang kepengen menjadi seorang programmer, jangan pernah menyerah untuk terus belajar ya.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved