Tim Peneliti dari Swiss Kembangkan Robot Berkonsep Origami Bernama Mori

Tanggal: 31 Jul 2017 22:24 wib.
Tampang.com - Siapa sih yang tidak tahu dengan seni lipat kertas dari Jepang, yakni Origami. Biasanya, origami yang kita buat adalah perahu, burung, bunga, ataupun yang lainnya.

Salah satu manfaat dari kegiatan origami adalah dengan membat beragam bentuk dengan kertas, kita secara otomatis mengasah kreativitas kita juga.

Kabar baiknya, kini ada tim peneliti yang tengah mengembangkan robot dengan konsep origami. Tim peneliti tersebut berasal dari École Polytechnique Fédérale de Lausanne, atau Institut Teknologi Federal Swiss.

Untuk dimensinya sendiri, robot ini memiliki ketebalan 6 mm dan berat 26 gr yang terdiri dari lapisan datar. Nah, lapisan inilah, yang dapat dilipat layaknya origami yang nantinya dapat membentuk robot tiga dimensi.



Dengan ukurannya yang ramping dan bobot yang ringan, robot ini bisa membantu manusia untuk masuk ke ruang yang sempit. Selain itu, robot ini dilengkapi berbagai gerakan seperti merangkak dan melompat untuk menghindari rintangan.

Untuk pengoperasiannya, peneliti menyematkan komponen elektronik untuk penginderaan dan komunikasi, serta menggunakan baterai sebagai sumber tenaga.

Nantinya, robot multifungsi ini bisa digunakan untuk berbagai bidang, salah satunya untuk interaksi antara manusia dan robot.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved