Sumber foto: Goggle

Review ASUS ROG Phone 8: Desain Lebih Elegan, Performa Lebih Unggul

Tanggal: 29 Jun 2024 10:09 wib.
ASUS sudah dikenal sebagai brand yang konsisten dalam memproduksi smartphone gaming berkualitas. Generasi terbaru, yaitu ASUS ROG Phone 8, menawarkan beberapa fitur menarik yang membuatnya berbeda dari pendahulunya. Peningkatan spesifikasi dan performa yang kencang menjadikan smartphone ini sangat menarik bagi para pecinta gaming.

 Desain Lebih Elegan

Dibandingkan dengan seri sebelumnya, ASUS mendesain ROG Phone 8 dengan konsep yang lebih elegan. Tampilan perangkat ini lebih tenang dibandingkan dengan desain gaming yang kental pada ROG Phone 7 dan seri sebelumnya. Desain belakangnya berbahan glossy dengan dimensi yang berbentuk kotak dengan sudut-sudut melengkung. Meskipun sedikit licin, namun lapisan belakangnya tidak menarik fingerprint dan mudah untuk dibersihkan.

ASUS juga merancang desain yang lebih ergonomis, dengan memangkas ketebalan perangkat menjadi 8,9 mm dari 10,49 mm. Bobotnya pun lebih ringan, dari 239 gram pada ROG Phone 7 menjadi 225 gram pada ROG Phone 8.

Meskipun desain belakangnya lebih tenang, tetapi nuansa gaming tetap terpancar dengan adanya logo ROG yang dilengkapi dengan lampu LED yang dapat diatur warnanya. Penempatan kamera belakang yang menonjol memberikan sentuhan menarik pada desainnya. ASUS pun memberikan sertifikasi IP68 pada ROG Phone 8, menjadikannya sebagai smartphone gaming pertama dengan sertifikasi tersebut.

Dalam hal penempatan tombol fisik, tombol Volume dan Power masih berada di sisi kanan, lengkap dengan fitur Air Trigger yang menjadi ciri khas dari seri ROG Phone. Fitur Air Trigger memberikan pengalaman bermain game yang menyenangkan, terutama pada game-game yang mendukung fitur tersebut. Sayangnya, kompartemen kartu hanya mendukung hingga dua kartu nano SIM dan tidak mendukung kartu micro SD.

 Layar Gaming

ROG Phone 8 hadir dengan layar berukuran 6,78 inci yang memiliki panel AMOLED dilindungi oleh Gorilla Glass Victus 2. Layar ini juga mendukung HDR10 dengan resolusi 1080x2400 pixel. Refresh rate-nya pun mencapai 165Hz, memberikan tampilan yang sangat mulus. Terdapat juga daftar game yang mendukung refresh rate ini yang dapat diakses melalui aplikasi Armoury Crate.

Perlindungan layarnya menggunakan Gorilla Glass Victus generasi ke-2, dengan bezel layar yang lebih tipis pada sisi atasnya, menjadikan rasio layar jadi lebih luas. Sensor sidik jari pun tersedia di area bawah layar dengan respons yang cukup cepat.

 Peningkatan Kamera Utama

Meskipun fokus utamanya adalah pada gaming, ASUS memberikan peningkatan pada sektor kamera ROG Phone 8. Konfigurasi tiga kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 50 MP dengan aperture f/1.9, kamera ultrawide 13 MP dengan aperture f/2.2, dan kamera makro 2 MP dengan aperture f/2.4. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 32 MP dengan aperture f/2.5.

Kamera utama 50 MP menggunakan sensor Sony IMX890 dan dilengkapi dengan fitur gimbal di dalamnya, memberikan hasil foto yang lebih stabil dan tidak mudah blur. Kemampuan sensor ini juga sangat baik dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Kamera ultrawide dan kamera makro juga memberikan hasil yang baik dengan fokus yang detail dan area sekitarnya serta efek bokeh yang bagus.

Untuk merekam video, kamera belakang mampu mencapai resolusi 8K pada 24 fps, sementara kamera depan hanya mencapai resolusi 1080p pada 60fps. Meskipun demikian, fitur-fitur ini memberikan hasil video yang sangat baik untuk sebuah smartphone.

 Performa Kencang dengan Suhu Terjaga

Seperti yang diharapkan dari smartphone gaming, performa ROG Phone 8 sangat mengesankan. Ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 3, SoC ini merupakan salah satu SoC terkencang yang tersedia saat ini. Dengan memori RAM sebesar 12 GB dan storage 256 GB, smartphone ini mampu memberikan performa yang luar biasa. Bahkan saat diuji dengan benchmark seperti Antutu, skornya berhasil mencapai lebih dari 2 juta poin.

Fitur X-Mode hadir untuk memaksimalkan sistem dalam kondisi terbaik, sehingga pengalaman gaming menjadi lebih nyaman. Namun, meskipun X-Mode dapat meningkatkan performa, hal ini juga membuat suhu perangkat meningkat secara signifikan. Jika kita membandingkan hasil penggunaan Antutu dengan dan tanpa X-Mode, terlihat bahwa performa ROG Phone 8 sudah sangat mumpuni untuk gaming bahkan tanpa X-Mode. Dalam kondisi tertentu, menonaktifkan X-Mode dapat menjaga suhu perangkat agar tetap stabil.

Dengan performa yang mumpuni, ASUS ROG Phone 8 mampu menjaga suhu perangkat agar tetap terkendali. Hal ini membuat pengalaman bermain game menjadi lebih nyaman tanpa harus khawatir dengan panas yang berlebihan.

Dengan desain yang lebih elegan, layar yang memukau, kamera yang unggul, dan performa gaming yang sangat kencang, ASUS ROG Phone 8 merupakan pilihan yang sangat baik bagi para penggemar gaming mobile. Performanya yang luar biasa, didukung dengan desain yang ergonomis menjadikan ROG Phone 8 sebagai smartphone gaming terbaik di kelasnya. Dengan berbagai peningkatan yang ditawarkan, ROG Phone 8 dapat memberikan pengalaman gaming yang semakin memuaskan bagi para penggunanya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved