Sumber foto: Google

Ramalan Raksasa Cip Taiwan Soal Permintaan Kecerdasan Buatan (AI)

Tanggal: 9 Okt 2024 05:16 wib.
Perusahaan Hon Hai Precision Industry Co, yang merupakan mitra Nvidia Corp, memiliki rencana untuk meningkatkan kapasitas server guna memenuhi permintaan yang semakin tinggi terhadap teknologi kecerdasan buatan (AI) serta hubungannya dengan cip milik Nvidia Corp. Langkah ini sejalan dengan harapan Hon Hai bahwa pengeluaran untuk AI akan tetap tinggi.

Chairman Hon Hai, Young Liu, dalam wawancara dengan Bloomberg Television mengungkapkan bahwa permintaan untuk cip Blackwell generasi berikutnya "luar biasa," mengonfirmasi pernyataan serupa yang dilontarkan oleh Chief Executive Officer (CEO) Nvidia, Jensen Huang. Saat ini, perusahaan Taiwan ini sedang membangun pabrik perakitan terbesar di dunia untuk server yang menggunakan cip Grace Blackwell tercanggih dari Nvidia, lokasinya berada di Meksiko.

Liu juga mengungkapkan bahwa Hon Hai berencana untuk memiliki kapasitas 20.000 server GB200 NVL 72 pada tahun 2025. Hal ini menunjukkan skala yang sangat besar yang direncanakan oleh perusahaan.

Meskipun banyak pihak berpendapat bahwa kebutuhan akan komputasi mungkin akan segera mencapai titik jenuh, Liu menegaskan bahwa permintaan terus meningkat dengan pesat, melebihi ekspektasi mereka.

Namun, Liu juga mengakui bahwa terdapat “kegolak” dalam produksi server GB200, yang juga mengakibatkan penundaan pasokan Blackwell. Sehingga, pengiriman diperkirakan akan dimulai pada akhir kuartal keempat, dan bukan pada periode Oktober-Desember seperti yang telah diperkirakan sebelumnya.

Meskipun demikian, Chief Financial Officer (CFO) Nvidia, Colette Kress, pada bulan Agustus menyatakan bahwa perusahaan berharap dapat mengirimkan cip Blackwell senilai beberapa miliar dolar pada kuartal keempat fiskal. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa upaya untuk mengatasi masalah pasokan tersebut sedang terus dilakukan.

Selain itu, Hon Hai Precision Industry Co juga merupakan mitra penting bagi Apple Inc, dengan perusahaan ini bertindak sebagai salah satu produsen iPhone untuk Apple. Hal ini menunjukkan bahwa peran mereka dalam industri teknologi sangat besar, dan mereka terlibat dalam jaringan kerja yang luas di industri ini.

Dengan langkah-langkah yang diambil oleh Hon Hai Precision Industry Co, terutama dalam mengantisipasi permintaan yang semakin tinggi terhadap cip Blackwell generasi berikutnya, dapat diharapkan bahwa berbagai sektor terkait dengan teknologi kecerdasan buatan akan terus berkembang dengan pesat. 

Ini juga menunjukkan bahwa perkembangan teknologi AI menghadirkan peluang besar bagi berbagai industri, tidak hanya dalam peningkatan kapasitas server, tetapi juga dalam integrasi teknologi AI ke dalam produk-produk konsumen seperti smartphone..ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi cerdas buatan adalah hal yang tidak dapat dihindari dan memiliki dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved