PLATO: Sebuah Misi Menemukan Bumi Baru

Tanggal: 1 Jul 2017 23:24 wib.
Dilansir dari NDTV.com - ESA akan meluncurkan satelit baru yang bertujuan untuk mencari planet ekstrasolar yang dapat dihuni.

Misi Planetary Transits and Oscillations of stars (PLATO) akan diluncurkan ke titik L2 Lagrange pada jarak sekitar 1,5 juta kilometer dari Bumi.

Tujuannya adalah untuk memantau ribuan bintang di area yang luas di langit yang mengalami penurunan suhu secara teratur yang biasanya menunjukkan adanya dunia ekstrasurya.

Misi ini dipimpin oleh University of Warwick di Inggris, tujuannya akan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti "seberapa umum planet mirip Bumi?" Dan "apakah tata surya kita tidak biasa atau bahkan unik?"

Probe juga akan mencari tanda-tanda aktivitas seismik pada beberapa bintang danjuga membuat catatan ukuran, massa dan usia mereka dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada yang telah dicapai sebelumnya.

"Peluncuran PLATO akan memberi kita kesempatan untuk berkontribusi pada beberapa penemuan terbesar pada dekade berikutnya untuk menjawab pertanyaan mendasar tentang keberadaan kita, dan pada akhirnya dapat menyebabkan deteksi kehidupan di luar bumi," kata coordinator sains, Profesor Don Pollacco.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved