Perkembangan Jaringan Seluler SmartPhone

Tanggal: 24 Feb 2018 20:19 wib.
Tampang.com - Tanpa disadari saat ini kita semua sudah mengenal adanya internet. Baik kota maupun pelosok kota. Dengan adanya handphone canggih yaitu smartphone kita bisa berkomunikasi dengan semua yang ada jauh dari kita.

Selain lebih murah karena kita jadi bisa teleponan dan komunikasi teks tanpa harus menghabiskan pulsa, smartphone juga memudahkan kita buat cari makan, cari tempat, cari kendaraan umum, nonton, dengerin lagu, dan masih.

Tapi tahukah kalian akan jaringan smartphone yang sering kita sebut 1G,3G atau 4G?.

Lewat smartphone, jaringan data seluler udah melewati evolusi yang panjang banget. Cari tau, yuk!

1. Jaringan 1G

Teknologi jaringan generasi pertama mulai dikenalin pada taun 1970-an, tapi baru efektif dipake taun 1980-an. Jaringan ini bekerja dengan transmisi sinyal analog dan cuma bisa digunain buat komunikasi suara, alias cuma bisa dipake teleponan.

Kecepatan transmisi sinyalnya cuma 14.4 kbps

2. Jaringan 2G (GSM dan CDMA)

Teknologi jaringan generasi kedua ini mulai dikenalin pada 1990-an dan udah pake sinyal digital. Selain itu, jaringan ini juga bisa dipake bertukar pesan teks alias SMS (Short Message Service). Pengembangan dari teknologi jaringan ini adalah GSM (Global System for Mobile Communication) dan CDMA (Code Division Multiple Access).

Pada masa jaringan komunikasi generasi kedua ini, GSM cuma punya kecepatan transmisi 9.6 kbpts sementara CDMA punya kecepatan transmisi 154.6 kbps.

3. Jaringan 2,5G (GPRS)

Di generasi kedua-setengah ini, teknologi akses data mulai bisa dipake di handphone. Awalnya, teknologi akses data ini dikembangin jadi WAB (Wireless Application Protocol), tapi nggak disambut dengan baik sama pasar. Terus, teknologi akses data berkembang jadi GPRS (General Packet Data Radio Service).

Kecepatan transmisinya mencapai 115 kbps

4. Jaringan 2,75G (EDGE)

Secara teknis sebenernya EDGE udah menuhin standar kecepatan 3G, tapi di Indonesia cuma sedikit operator seluler yang mengembangkan jaringan ini.

Kecepatan transmisi datanya tiga kali lebih cepet daripada GPRS, nyampe 384 kbps.

5. Jaringan 3G (WCDMA DAN EVDO)

Teknologi komunikasi yang muncul di era 3G ini adalah video call. Dulu, orang-orang nggak semudah sekarang kalo mau pake layanan komunikasi yang satu ini. Soalnya, nggak semua handphone bisa dipake buat video call.

Kecepatan akses data UMTS mencapai 480 kbps dan EVDO mencapai 2.4 mbps. Setelah dikembangin lagi, kecepatan akses data UMTS sekarang mencapai 2 mbps dan EVDO di 3.1 mbps.

6. Jaringan 3,5G (HSDPA)

Pernah denger jokes tentang orang yang ngotot pengen beli paket internet 4G tapi tetep marah pas tau ternyat ajaringannya LTE? Nah, sebenernya LTE (Long Term Evolution) itu adalah jaringan data generasi keempat itu sendiri.

Di Indonesia, teknologi jaringan generasi keempat ini masih dikembangin sama hampir semua operator seluler. Itulah kenapa belum semua tempat bisa mengakses jaringan 4G ini.

Keceptan LTE mencapai 100 mbps (downloading) dan 50 mbps (uploading). Pada era jaringan 4G ini.

7. Jaringan 5G

Sampe saat ini, beberapa negara udah melakukan uji coba penerapan jaringan ini. Teknologi yang bakal makin dikembangin pada era 5G nantinya adalah VR (Virtual Reality) dan AI (Artificial Intteligence).

Diperkirakan, kecepatan jaringan ini mencapai 10 gbps, jauh banget di atas kecepatan LTE.

Di Indonesia sendiri kita belum tau kapan 5G bakal mulai diterapin. Tentu aja kita harus nunggu jaringan 4G menyebar rata dulu, dong.

Nah guys, semoga kalian tahu apa sebenarnya jaringan 1G hingga 5G, dan bagaimana penggunaannya pada smartphone kita.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved