Pentingnya Optimasi SEO e-Commerce Bagi Bisnis Anda

Tanggal: 8 Jul 2023 13:50 wib.
Sebenarnya istilah "SEO"  (Search Engine Optimization) bukanlah istilah baru dalam ranah internet marketing. Namun mungkin bagi orang awam, istilah ini masih terdengar aneh atau bahkan baru di telinganya. Lalu apa sebenarnya yang disebut SEO itu? SEO adalah optimasi yang dapat mempengaruhi tingkat visibilitas atau keterlihatan suatu website pada halaman mesin pencari. SEO juga memiliki istilah lain seperti pencarian organik pada seacrh engine, pencarian yang tidak berbayar atau pencarian tanpa melakukan pengiklanan.

Keberadaan sebuah mesin pencari seperti Google memudahkan semua orang dalam mencari berbagai informasi secara online. Dan bahkan Google merilis bahwa setiap website yang menduduki peringkat pertama hingga ketiga akan mendapatkan total klik sebanyak 50% dari total kumulatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa optimasi SEO sangat berpengaruh dan penting sekali bagi sebuah website. SEO bisa dimanfaatkan agar dapat menarik banyak pengunjung ke website.

Perkembangan e commerce platform akhir-akhir ini sangat pesat, di mana hampir seluruh bisnis memiliki website e commerce mereka masing-masing. Untuk dapat menambah traffic website bisnis Anda tentunya menerapkan SEO commerce sangat penting untuk membantu menambah penjualan. Selain itu juga dengan penerapan SEO e commerce dapat mengubah pengunjung pasif menjadi pelanggan Anda. Karena 44% dari orang-orang yang berbelanja online selalu memulai proses pembelian dengan mencari produk dengan menggunakan seacrh engine.



Dalam menerapkan konsep e commerce SEO, beberapa langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :


Riset kompetitor


Untuk melakukan optimasi, langkah awal dengan melakukan riset kompetitor. Yang dimaksud dengan riset kompetitor yaitu proses mengympulkan dan mengalisa informasi mengenai pesaing bisnis Anda. Tujuan dari riset ini adalah untuk memahami dengan lebih baik mengenai pesaing Anda termasuk pada strategi, kekuatan maupun kelemahan pesaing Anda, produk serta layanan yang ditawarkan. 


Analisa kata kunci


Selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan analisa kata kunci mana saja yang kira-kira dapat dimasuki. Karena setiap kata kunci akan mempunyai tingkat persaingan yang berbeda-beda, mulai dari ringkat persaingan tinggi hingga tingkat persaingan yang cukup rendah. Selain itu juga volume pencarian setiap periode tertentu juga berbeda-beda. Pastikan untuk memilih kata kunci yang volume pencariannya cukup besar dan tingkat persaingannya juga tidak terlalu tinggi.


Membuat konten terbaik


Dalam optimasi SEO, hal yang perlu dilakukan adalah memperbaiki konten-konten yang ada di dalamnya. Konten di dalam website harus dibuat semenarik mungkin. Dan untuk konten yang menarik ini biasanya terdiri dari beberapa konten pilar yang akan menjadi landing page. Selanjutnya akan didukung dengan konten lain yang merupakan turunan dari konten utama. 


Memanfaatkan backlink


Jika memiliki saluran yang cukup baik bisa memanfaatkan adanya backlink. Tetapi cara ini harus dilakukan dengan berhati-hati agar tidak menyebabkan website mengalami penalti dari Google.

Penarapan SEO e commerce memiliki beberapa manfaat seperti :


Kokoh di seacrh engine


Salah satu manfaat yang diperoleh yaitu semakin kokoj di mesin pencari. Jika user melakukan pencarian dengan kata kunci atau keyword tertentu maka website yang Anda miliki akan langsung berada di bagian paling atas. 


Meningkatkan lead


Salah satu tujuan dari optimasi adalah meningkatkan lead. Jika sebuah website mampu memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak dalam satu hari, maka hal tersebut merupakan peluang untuk mendapatkan konversi besar. Hal ini dapat meningkatkan penjualan , tentunya dnegan konten yang ada di dalam website harus benar-benar diperbaiki.


Memiliki kredibilitas


Jika website berda di bagian atas pencarian dari Google atau bahkan dapat sejejar dengan para raksasa e commerve, maka kredibilitas bisnis Anda akan meningkat. Kredibilitas ini sangat penting karena dengan semakin terpercaya sebuah website maka transaksi dapat dilakukan dengan mudah. Dan dengan demikian akan meningkatkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari konsumen.


Hemat budget


Untuk dapat berada di halaman pertama Google biasanya ada cara yang dilakukan. Yakni cara premium yaitu dnegan membayar iklan yang nantinya mmebuat website muncul di bagian atas. Namun sayangnya hal ini akan mengeluarkan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan menggunakan cara organik. Jika melakukan optimasi SEO pada e commerce maka kemungkinan besar tidak akan berbayar. Namun Anda dituntut untuk lebih bersabar melakukannya.



Nah itulah mengapa optimasi SEO pada e commerce sangat penting dalam meningkatkan konversi bagi bisnis Anda. tanpa adanya konversi ini maka website bisnis yang Anda miliki hanya akan menjadi website biasa yang tidak melakukan proses transaksi. Itulah kenapa optimasi SEO e commerce harus bisa dilakukan secara maksimal. Dengan begitu maka traffic yang masuk ke dalam website bisnis Anda dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved