Sumber foto: Unsplash

Penjualan Oppo Menurun di Tengah Persaingan dari Pesaing China, Apa Kata Oppo?

Tanggal: 17 Jul 2024 20:03 wib.
Pasar smartphone tanah air kerap menjadi pertarungan yang sengit bagi para pemainnya. Pada kuartal II-2024, laporan IDC menyebutkan bahwa Oppo tercatat berada di posisi lebih rendah dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya asal China, yaitu Xiaomi dan Vivo. Menduduki posisi ini, Oppo Indonesia buka suara untuk memberikan penjelasan atas capaian tersebut.

Menurut Arga Bima Jaksana Putra, selaku PR Manager Oppo Indonesia, "Pasar smartphone memang dinamis, namun bagi Oppo, kami melihat hal ini sebagai hal yang biasa saja. Kami akan terus mencoba untuk meningkatkan penjualan di pasar global." Pernyataan tersebut diungkapkan di Jakarta pada Rabu (17/7/2024). Ketika ditanya tentang kapan penjualan Oppo tertinggi, Arga menyatakan bahwa biasanya penjualan mencapai puncaknya saat perilisan produk baru. Diharapkan seri Reno 12 yang rencananya akan diluncurkan pada 31 Juli 2024 mendatang, mampu meningkatkan penjualan perusahaan.

Di Indonesia sendiri, Oppo masih bertahan dalam jalur yang benar seperti pada kuartal I. Sebelumnya, laporan IDC menyebutkan bahwa Oppo berhasil menduduki posisi teratas dalam hal pengiriman di Indonesia dengan pangsa pasar mencapai 19,9 persen. Harapannya, produk-produk terbaru yang akan dirilis oleh perusahaan ini dapat terus meningkatkan penjualan di masa mendatang.

"Jika melihat data kuartal I, kami masih memimpin sebagai nomor 1. Kami berharap dengan rangkaian produk baru yang akan kami luncurkan, kami dapat terus memimpin pasar. Tahun ini sendiri, kami sudah merilis Reno 11, Oppo A60, dan seri Reno 12. Kami yakin masih dapat mempertahankan posisi teratas di pasaran," tambah Arga.

Namun, pertumbuhan pengiriman Oppo hanya mencapai 1,8% menurut laporan IDC. Sementara itu, Xiaomi berhasil mengirimkan 27,4% lebih banyak unit HP pada periode yang sama, dan Vivo sebanyak 21,9%. Ketimpangan ini menjadi pertanda bahwa Oppo harus terus menggenjot kinerjanya untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Sisi global, Oppo juga hanya mampu menguasai 9% pangsa pasar. Angka ini kalah jauh bila dibandingkan dengan pesaingnya. Xiaomi tercatat menduduki 14,8% pasar, sementara Vivo sebesar 9,1%. Capaian ini membuat Oppo harus merumuskan strategi yang lebih kuat untuk dapat kembali bersaing di pasar global.

Menyambut rencana peluncuran Reno 12, Oppo bersiap untuk memperkenalkan produk terbarunya ini di Indonesia. Namun, terkait harga dan spesifikasi lengkapnya, belum ada informasi yang dibocorkan. Menurut Arga, "Untuk spesifikasi juga akan diumumkan pada saat peluncuran pada tanggal 31 Juli nanti."

Dalam acara Oppo Reno 12 Series Media Experience and Hands On, menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk menjelaskan serangkaian fitur yang akan dimiliki oleh Reno 12. Berbagai fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) akan ditanamkan untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Adanya AI Clear Face yang digunakan untuk memperbaiki detail wajah, AI Best Face untuk mengenali mata tertutup saat pengambilan foto grup, dan AI Studio untuk mengubah foto diri menjadi avatar digital, menunjukkan komitmen Oppo untuk memberikan pengalaman teknologi terdepan kepada konsumen.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved