Sumber foto: Okezone.com

Pembersih Toilet, Buruh, Pekerjaan Berat, Upah Minimum, Kondisi Kerja

Tanggal: 8 Jul 2024 20:03 wib.
Bos Nvidia, Jensen Huang, memiliki prinsip penting dalam kehidupannya yang tidak pernah ia lepaskan, yaitu seorang pemimpin yang baik tidak takut untuk mengotori tangannya. Sebelum sukses dan bahkan sebelum memperoleh kekayaan sebanyak Rp 1.790 triliun menurut data Forbes, Huang pernah bekerja di restoran bernama Denny's. Di sana, ia bertanggung jawab mulai dari mencuci piring hingga membersihkan meja dan toilet.

Pengalaman tersebut memberikan Huang banyak pembelajaran. "Bagi saya, tidak ada tugas yang tidak pantas karena saya pernah mencuci piring dan membersihkan toilet," ungkapnya dalam wawancara dengan CNBC Internasional pada Minggu (7/7/2024).

Meskipun pekerjaannya saat ini sebagai CEO jauh berbeda dari saat ia bekerja di restoran, Huang memastikan bahwa ia masih mempertahankan kemauan yang sama seperti bertahun-tahun lalu untuk melakukan apa pun. Dia siap membantu karyawannya dalam mengembangkan perusahaan, bahkan jika tugas tersebut sebenarnya bisa didelegasikan kepada orang lain.

"Jika Anda meminta bantuan dari saya, saya akan memberikannya, dan pada ulasannya, saya akan berbagi dengan Anda cara saya memikirkannya. Saya telah memberi kontribusi pada Anda," ujarnya.

Dalam lingkungan karyawan, Huang dikenal sebagai individu yang menuntut dan perfeksionis. Ia akan turun langsung dan bertanya kepada karyawan mengenai progres proyek yang mereka kerjakan. Sebagai seorang CEO, Huang senang memberikan saran kepada karyawan, karena hal ini dianggapnya akan membantu perusahaan dalam jangka panjang.

"Saya memperlihatkan kepada orang lain cara memikirkan berbagai hal, menyusun strategi, memperkirakan suatu hal, dan cara menyelesaikan masalah," paparnya.

Upaya Huang untuk tetap membantu orang lain mencakup menyediakan waktu bagi mereka. Ia memastikan bahwa pekerjaannya telah diselesaikan di pagi hari, sehingga ia memiliki waktu yang cukup jika ada orang lain yang membutuhkannya.

"Saya selalu bisa berkata, 'saya punya banyak waktu'. Dan sungguh, saya bener-bener punya itu," ungkapnya.

Kehadiran Huang dalam perusahaan Nvidia memberikan dampak yang signifikan. Sikap keramahannya, peduli terhadap karyawannya, dan konsistensinya dalam memegang prinsip bahwa tak ada tugas yang terlalu rendah adalah inspirasi bagi banyak orang dalam dunia bisnis. Semangatnya untuk terus belajar dari setiap pengalaman, terbuka terhadap karyawan, dan kemampuannya untuk memberikan dampak positif pada orang lain merupakan nilai-nilai kepemimpinan yang patut diteladani oleh pemimpin-pemimpin perusahaan lainnya.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved