Komputer Generasi Pertama Apple Terjual Seharga $ 355.000

Tanggal: 1 Jul 2017 18:09 wib.
Dilansir Upi.com – Komputer generasi pertama Apple yaitu sebuah personal computer bernama Apple-1 yang dibuat pada tahun 1976 dilelang seharga $ 355.000 minggu lalu.

Christie's New York menjual komputer itu kepada seorang pembeli tak dikenal.

Komputer ini dibuat oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs di garasi milik Steve Jobs di Silicon Valley, Los Altos, California.

Komputer ini diluncurkan Apple ke industri personal komputer yang saat ini mengarah ke desktop, laptop, tablet, ponsel dan jam tangan. Empat puluh satu tahun kemudian, Apple adalah merek paling bernilai tinggi di dunia dengan harga $ 170 miliar, menurut Forbes pada bulan Mei 2017.

Apple-1 pertama kali diakuisisi oleh Frank VanGilluwe III dan dijual ke Andrew "Zack" Zacharias seharga $ 300 pada bulan Mei 1978.

Model komputer ini awalnya dijual dengan harga $ 666.66. Diiklankan sebagai "sistem komputer mikro yang super lengkap pada sebuah papan PC tunggal, sistem komputer yang sangat kuat dan dapat digunakan untuk apa saja mulai dari pengembangan program untuk bermain game atau menjalankan BASIC. Sejak Apple hadir secara lengkap dan diuji serta memiliki power supply lengkap yang tertanam di papan, set-up awalnya 'tidak merepotkan' dan anda bisa menjalankannya dalam hitungan menit. "

Jobs dan Wozniak mendapat order untuk membuat 50 komputer dari Paul Terrell, pemilik Byte Shop, sebuah gerai ritel lokal kecil di Palo Alto, California.

Sistem Apple-1 dijual tanpa casing, power supply, keyboard atau monitor, namun menawarkan motherboard pra-rakitan, yang tidak ditawarkan pesaingnya.

Sekitar 200 buah Apple-1 dibuat, namun hanya seperempat dari mereka yang masih ada, seperti yang tercatat dalam akun Apple-1 online milik Mike Willegald. Komputer ini menawarkan 8K byte RAM pada chip memori 16-pin 4K.

Jobs dan Wozniak secara resmi menghentikan Apple-1 pada bulan Oktober 1977. Mereka menawarkan diskon dan trade-in untuk mendorong pemiliknya mengembalikan mesin mereka. Kemudian bisnis ini hancur dan hanya beberapa Apple-1 yang bertahan. Lima belas unit berada dalam koleksi publik, termasuk yang ada di Smithsonian Museum of Art dan museum teknologi atau sains lainnya di seluruh dunia.

Dalam lelang sebelumnya mereka mematok $ 671.400 pada tahun 2013 dan senilai $ 905.000 ke The Henry Ford Museum pada tahun 2014.

Jobs dan Wozniak mengembangkan Apple-II yang jauh lebih maju yang pertama kali dijual pada tanggal 10 Juni 1977, dan produksi dengan versi yang lebih maju terjual sampai 1993. Kemudian Macintosh secara massal diperkenalkan pada tahun 1984 dengan antarmuka pengguna grafis dan mouse yang tidak terpisah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved