Sumber foto: google

Kolaborasi Telkomsel dengan Tencent Cloud dan MCASH dalam Pengembangan Teknologi Palm Scanner

Tanggal: 27 Jun 2024 15:25 wib.
Telkomsel telah melakukan kerja sama dengan Tencent Cloud, perusahaan cloud, dan MCASH (PT M Cash Integrasi Tbk), perusahaan infrastruktur digital Indonesia, untuk mengembangkan teknologi pemindaian telapak tangan (Palm Scanner) sebagai solusi inovatif bagi layanan pelanggan. 

Pada 19 Juni 2024, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara ketiga perusahaan tersebut di Jakarta. Melalui kolaborasi ini, Telkomsel, Tencent Cloud, dan MCASH akan mengeksplorasi penggunaan teknologi biometrik Palm Scanner untuk mengidentifikasi pelanggan berdasarkan pola unik pada telapak tangan.

Palm Scanner adalah teknologi yang mampu membaca dan memetakan vena, sidik jari, atau pola kulit di telapak tangan untuk verifikasi identitas pelanggan. Diharapkan teknologi ini dapat mempercepat proses verifikasi pelanggan (Know Your Customer) menjadi lebih efisien, aman, dan nyaman.

Menurut Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel, implementasi solusi teknologi terbaru ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan, kecepatan, dan keamanan layanan pelanggan. Selain itu, Telkomsel juga berupaya menciptakan dampak positif bagi pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini dalam inovasi layanan telekomunikasi digital. 

Penerapan Palm Scanner menawarkan sejumlah keunggulan, di antaranya adalah proses pemindaian yang tidak terpengaruh oleh berbagai faktor seperti tinggi badan, kemiripan wajah, atau situasi lingkungan yang ramai. Selain itu, teknologi ini juga bersifat agnostik, sehingga dapat diimplementasikan secara luas pada berbagai jenis perangkat keras, perangkat lunak, dan platform.

Jimmy Chen, VP Tencent Cloud International & Business Director Tencent Cloud APAC, menyatakan antusiasmenya dalam berkolaborasi dengan Telkomsel dan MCASH dalam menggali potensi teknologi pemindaian dan verifikasi telapak tangan. Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna, tetapi juga akan mendorong inovasi dan transformasi digital di Indonesia.

Telkomsel akan mengadopsi teknologi Palm Scanner dalam berbagai lingkungan kerja, layanan pelanggan, dan B2B untuk meningkatkan kemudahan dan memberikan solusi inovatif dalam transaksi produk dan layanan. Hal ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi operasional Telkomsel serta memberikan pengalaman layanan yang lebih baik dan aman bagi pelanggan.

“Kerja sama ini menunjukkan komitmen kami dalam menyediakan solusi digital yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat. Sebagai perusahaan infrastruktur digital di Indonesia, MCASH memiliki ekosistem yang kuat dan memainkan peran penting sebagai tech enabler dalam mengintegrasikan berbagai teknologi terdepan untuk menghadirkan solusi digital,” papar Martin Suharlie, Direktur Utama MCASH.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved