Koco Star Solusi Belajar Mudah dan Tak Terbatas

Tanggal: 20 Nov 2022 14:01 wib.
Adalah KOCO Star, sebuah aplikasi belajar atau platform pendidikan yang dapat membantu guru dan murid agar dapat mengelola kelas dengan mudah, efektif dan efisien dengan Learning Management System (LMS) nya. Telah dilengkapi dengan kebutuhan belajar hybrid membuat guru dan siswa tidak perlu khawatir jika harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah kembali.

Selain itu juga sudah sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang menunjang kebutuhan kegiatan belajar mengajar yang utama. Lalu apa saja fitur tersebut? Berikut ini adalah berbagai fitur yang terdapat di dalam KOCO Star yang di antaranya adalah :

Untuk Guru


Dapat Membuat Kelas


Semua aktivitas belajar pasti dilaksanakan di dalam sebuah kelas. Apalagi sekolah punya banyak mata pelajaran, tentunya sudah pasti sehari-hari murid dan guru hadir di banyak kelas sesuai mata pelajarannya. Nah, karena itu sudah pasti fitur ini menjadi salah satu andalan atau kebutuhan utama yang dapat membantu guru dan siswa.

Saat pertama kali mendaftar, guru sudah dapat langsung mulai membuat kelas, setelah itu kelas mata pelajaran lain yang mungkin guru juga bisa ikut ditambahkan dengan mudah.  Di dalam fitur kelas ini, Bapak dan Ibu guru dapat melakukan banyak hal lainnya yang dibutuhkan, seperti menambah daftar siswa secara manual, memantau penugasan, melihat laporan perkembangan siswa, melihat rekap absen dan persentasenya, hingga membuat jadwal kelas online.


Adanya Integrasi Google Classroom


Sudah pernah pakai aplikasi Google Classroom? Aplikasi ini adalah salah satu yang paling dikenal untuk membuat kelas virtual dan melaksanakan kegiatan mengajar. Pada platform KOCO Schools sudah terintegrasi dengan Google Classroom, sehingga guru dapat dengan mudah mentransfer kelas yang ada di Google Classroom ke dalam KOCO Star.


Tersedia Absensi Online


Absensi merupakan kegiatan pertama yang biasanya guru lakukan setiap masuk kelas. Nah dalam aplikasi ini sudah dilengkapi fitur absen yang membantu guru buat absen untuk banyak siswa dan kelas secara akurat dan lebih efisien. Bapak dan Ibu guru bisa melihat absen berdasarkan tingkat kelas, nama kelas yang diberikan, mata pelajaran, tipe absensi (rumah/sekolah), tanggal, serta waktu absensi. Bapak dan Ibu guru bisa mencentang daftar siswa yang hadir atau pun secara otomatis menceklis seluruh daftar hadir jika semua siswa hadir.


Perpustakaan Digital


Guru tentunya memiliki banyak file baik berupa presentasi, ebook, dokumen tugas, dan lain-lain. File-file ini bisa guru simpan dengan aman pada fitur library dan bisa dibuka kembali kapanpun saat dibutuhkan.


Penugasan dan Ujian Online


Fitur penugasan membantu Bapak dan Ibu guru dalam mendistribusikan tugas pada siswa dengan ringkas dan tidak memakan banyak waktu. Ingin memantau apakah siswa mengerjakan tugasnya? Tentu saja bisa, Bapak dan Ibu guru bisa melihat progress tugas tiap siswa dalam kelas dalam bentuk persentase dan waktu yang siswa luangkan melakukan tugas tersebut.


Kuis Online


Biasanya, guru juga mengadakan kuis untuk cek pemahaman siswa, seperti tanya jawab soal matematika salah satunya. Jika guru merasa membuat kuis memakan banyak waktu, kini tidak perlu khawatir lagi. Karena terdapat memiliki fitur KOCO Quiz, yang membantu guru bikin soal kuis otomatis dari 100,000+ bank soal gratis SD, SMP, SMA. Bank soal ini juga tersedia untuk semua mata pelajaran. Guru juga dapat mengatur tingkat kesulitan soal dan kirim langsung ke akun siswa dengan mudah. 


Jadwal guru


Melalui fitur Kalender ini, Bapak dan Ibu guru juga dapat mengatur jadwal tugas, jadwal kelas online dan juga membuat reminder kegiatan berdasarkan tanggal dan waktu sehingga Bapak dan Ibu guru akan ternotifikasi selama hari berlangsung dan tidak melupakan kegiatan berikut.


Terdapat Pelatihan guru


Banyak sekali transformasi yang sedang dibenahi dalam pendidikan Indonesia, misalnya saja Kurikulum Merdeka. Guru memerlukan pelatihan agar mampu berkembang dan beradaptasi mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan siswa. Ya, di platform KOCO Star, guru bisa mendapat informasi berbagai pelatihan guru dalam bentuk webinar, online course dan live class  Ditambah lagi,  guru bisa ikut serta secara gratis dan mendapat sertifikat.


Store


Jika guru membutuhkan materi berupa persiapan ujian, materi belajar, atau pelatihan tertentu yang berbayar, Bapak dan Ibu guru bisa membelinya dengan mudah di Store KOCO. Pembayarannya juga sudah terhubung dengan platform eWallet.                                                                                                                                                             

Untuk Siswa


Kelas Online


Melalui kode kelas yang dikirimkan guru, siswa bisa langsung masuk ke dalam kelas dan dapat semua info kegiatan di sana. Kamu juga bisa lihat status dan progress tugas-tugas sehingga tidak ketinggalan deadline.


Kuis Online


Kamu bisa mengerjakan kuis online yang guru kirimkan langsung ke akun KOCO Star kamu.  Sembari mengerjakan, kamu juga akan mendapat feedback jawaban dari tiap soal yang kamu kerjakan. Jadi sambil mengerjakan kuis, siswa juga bisa sekalian belajar. Setelah selesai mengerjakan pun, kamu bisa langsung lihat hasil nilai mu dan memberi feedback mengenai kuisnya untuk guru. Oh iya, sudah tahu belum? Kamu bisa belajar online gratis dengan fitur ini lho! Semua tingkat SD, SMP dan SMA bisa ikutan.


Jadwal


Semua kegiatan kelas kamu akan terupdate di fitur jadwal. Mulai dari kelas, deadline tugas, kuis, dan lain-lain sehingga semua kegiatan bisa ditepati.


Perpustakaan Digital


Siswa pasti mempunyai banyak tugas yang diberikan oleh guru. Sekarang ini, guru-guru juga sering memberikan tugas dalam format soft file. Nah, biar kamu gak bingung, sebaiknya simpan dan rapikan aja tugas-tugasmu atau ebook yang kamu miliki di library KOCO Star. Kamu juga bisa buat folder sesuai mata pelajaran, tipe file, atau lainnya.

Gimana? Lengkap banget kan platform KOCO Star untuk guru dan murid supaya pembelajaran bisa dilakukan semakin efektif.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved