Keuntungan Serta Efisiensi Menggunakan Konsep Smart Home Schneider Electric

Tanggal: 21 Okt 2020 11:07 wib.
Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia digital, pemanfaatan konsep smart home atau rumah pintar terus tumbuh. Dan bahkan diprediksi konsep smart home ini di tahun 2025 akan mencapai angka 20 persen yang menggunakan konsep tersebut. Penerapan konsep smart home ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat agar meningkatkan kualitas hidup, kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya. Karena dengan konsep smart home ini memungkinkan pemilik rumah dapat mengendalikan pemakaian alat elektronik dari kejauhan. Konsep tersebut mengedepankan kemajuan teknologi untuk merespon langsung kebutuhan pemilik rumah yang salah satunya adalah keamanan. Di mana sistem pengaman pada pintu dapat terintegrasi dengan berbagai sensor dan CCTV. Salah satu perusahaan yang telah meluncurkan produk transformasi digital yaitu Schneider Electric yang menghadirkan konsep EcoStruxure Connected Home. 



Sistem pengamanan rumah dengan menggunakan teknologi ini dapat mengetahui atau mendeteksi keberadaan orang dalam rumah, termasuk bila pintu utama belum tertutup atau sudah, kebocoran air hingga kelembapan air. Di samping itu juga dapat melakukan kontrol pencahayaan pada setiap bagian rumah, tirai dan yang lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi khusus yang disematkan pada smartphone atau Wiser App. Di antara beberapa keuntungan enggunakan konsep smart home adalah :


Dapat mengelola semua perangkat rumah dari suatu tempat


Merupakan suatu kenyamanan apalgi bila anda tinggal bersama orang tua. Dengan konsep smart home akan dapat mengontrol semua perangkat rumah dari jauh dengan menggunakan aplikasi pada smartphone atau tablet anda sehingga lebih memudahkan untuk dapat mengakses semua fungsionalitas yang diinginkan bagi rumah anda.


Fleksibilitas serta kebebasan peralatan baru


Konsep dari smart home dapat memberikan reputasi yang fleksibel mengenai perangkat dan peralatan baru di rumah. Tidak hanya karena peralatan yang sudah canggih, akan tetap selalu ada model maupun tipe peralatan yang lebih baru dan efisen seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga anda lebih banyak menambahkan perangkat serta menggantinya. Atau mungkin juga ketika menemukan teknologi baru yang akan mengisi ruang dalam maupun luar rumah anda.


Keamanan rumah lebih terjamin


Konsep smart home dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat berguna bagi yang masih memiliki anak kecil dan orang tua usia lanjut. Anda dapat menggabungkan antara keamanan dan pengawasan secara bersamaan pada jaringan rumah pintar anda. Dan anda dapat mempercayakannya dengan memilih Schneider Electric. Adalah Wiser yang merupakan layanan otomatisasi rumah yang dapat mengubah rumah anda menjadi rumah pintar. Seoerti menjadikan setiap saklar dalam kendali jarak jauh, peralatan serta kamera CCTV yang kesemuanya menjadi perangkat yang terhubung. Anda akan dapat menghubungkan detektor gerakan, kamera pengintai, kunci pintu otomatis dan tindakan keamanan lainnya di seluruh rumah anda dengan mengaktifkannya dari satu perangkat seluler.


Dapat mengontrol semua fungsi rumah dari jarak jauh


Menggunakan aplikasi smart home memungkinkan anda bisa mengendalikan fungsi rumah anda dari jarak jauh. Seperti misalnya cuaca di luar sedang dalam keadaan panas maka anda bisa menurunkan suhu rumah hanya melalui palikasi, anda dapat menyalakan AC. Di samping itu juga anda dapat memeriksa serta memastikan bila lampu tetap menyala dan mematikan barang elektronik ketika rumah dalam keadaan kosong.


Meningkatkan efisiensi energi


Menggunakan teknologi smart home membuat anda bisa mengontrol rumah menjadi lebih hemat energi. Di mana anda dapat mengontrol pemanasan maupun pendinginan rumah dengan menggunakan termostat cerdas yang dapat diprogram serta dapat dipelajari. begitu juga dengan jadwal dan preferensi suhu, bahkan menyarankan anda untuk pengaturan hemat energi yang terbaik sepanjang hari. Dapat mengontrol lampu juga mengalihkan ke mode pagi maupun lampu yang dapat menyala atau mati pada saat anda masuk atau keluar rumah.



Rumah dengan konsep smart home sangat perlu dan dimiliki oleh penggunanya di era seperti sekarang ini. Dengan proses integrasi serta penerapan teknologi yang cukup mudah digunakan oleh siapapun membuatnya siapa pun akan bisa merasakan manfaat hebat dari sistem rumah pintar. 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved