Kembali ke Dunia Robot, Sony Siapkan Aibo Terbarunya

Tanggal: 10 Okt 2017 22:51 wib.
Tampang.com - Dikabarkan, salah satu perusahaan teknologi asal Jepang, Sony akan kembali pada industri robotik. Diketahui bahwa Sony kini tengah menyiapkan generasi terbaru dari robot anjing besutannya, bernama Aibo.

Robot Aibo besutan Sony ini pertama kali meluncur pada tahun 1999. Dengan fungsi sebagai peliharaan, Aibo sempat populer sebelum akhirnya produksinya dihentikan pada 2006.



Dikutip dari ZDNet, Selasa (10/10/2017), Aibo terbaru ini akan memiliki sejumlah fitur terbaru dibanding generasi sebelumnya. Beberapa di antarnya adalah dukungan internet dan kecerdasan buatan.

Nantinya, robot ini akan berfungsi layaknya speaker pintar dari perusahaan lain, seperti Amazon Alexa atau Google Home. Nikkei melaporkan, robot ini dapat mengontrol peralatan di dalam rumah lewat perintah suara yang diberikan pengguna.

Sebenarnya, kabar kembalinya Sony ke industri robot telah beredar dari tahun kemarin. President Sony Kazuo Hirai menuturkan, pihaknya berencana menawarkan pengalaman baru bagi konsumen berbekal teknologi audiovisual dari Sony.



Sekadar informasi, semenjak resmi menghentikan produk Aibo, Sony memang tak lagi terjun secara langsung ke dunia robotik. Keputusan yang dilakukan karena alasan efisiensi itu memang sempat disesalkan sejumlah pihak.

Terlebih, sambutan terhadap robot anjing itu terbilang positif. Saat meluncur pertama kali pada 1999 di Jepang, Aibo berhasil ludes terjual dalam waktu 20 menit.

Capaian itu luar biasa mengingat banderol Aibo ketika itu terbilang sangat mahal, yakni US$ 2 ribu atau sekitar Rp 26 juta dengan kurs saat ini. Sony sendiri setidaknya sudah menciptakan lima model Aibo dari tahun 1999 hingga 2006.


Copyright © Tampang.com
All rights reserved