Kelebihan Menggunakan Chatbot WA bagi Bisnis Online Anda

Tanggal: 9 Des 2022 13:43 wib.
Sering merasa kewalahan dengan chat online shop yang tetumpuk? Membuat chatbot Whatsapp bisa jadi salah satu solusi untuk meningkatkan penjualan produk online Anda, lho. Fitur-fiturnya pun tidak berbayar alias gratis. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memaksimalkan penggunaan bot Whatsapp ini. Keuntungan membuat chatbot WA untuk bisnis online adalah sebagai berikut :

Respon Pelanggan Lebih Cepat

Keuntungan yang pertama adalah Anda dapat merespon pelanggan dengan lebih cepat daripada chat manual. Dengan fitur Whatsapp bot ini, akun bisnis Anda dapat dipegang oleh lebih dari satu admin di berbagai perangkat. Hal ini tentu akan mempersingkat waktu tunggu pelanggan untuk pembalasan chat.

Meningkatkan Customer Trust

Tidak hanya di Instagram, Whatsapp juga memiliki fitur centang atau verified account. Dengan memiliki akun Whatsapp bercentang hijau (verified) maka kredibilitas Anda di mata calon pembeli juga akan meningkat. Artinya akun bisnis Anda sudah terpercaya.

Menyediakan Informasi Melalui Auto Reply

Ketika membuat chatbot Whatsapp, Anda akan diberi info mengenai fitur auto reply. Artinya, Anda dapat mengaktifkan fitur menjawab pesan secara otomatis. Pesan ini dapat diatur sendiri, seperti greeting message atau kata sambutan, informasi harga produk, bantuan untuk melakukan transaksi, mengirim gambar produk dan sebagainya. 

Efisiensi Customer Service

Ketika bisnis Anda sedang mengadakan sale atau suatu campaign, tentu Anda ingin memnginfokan hal tersebut kepada pelanggan dan calon pelanggan secara bersamaan. Hal tersebut akan sedikit ribet jika dilakukan secara manual.  Fitur Whatsapp bulk dapat membantu Anda mengirim pesan dalam jumlah banyak secara bersamaan (broadcast messages) tanpa harus menyimpan nomor pelanggan. Dengan fitur ini, tentunya Anda dapat memaksimalkan kinerja customer service perusahaan.

Analisa Performa Bisnis

Peningkatan kualitas customer service tentu membutuhkan laporan analisis kinerja dalam periode waktu tertentu. Dengan membuat chatbot Whatsapp, Anda dapat mengakses analisis interaksi bisnis dalam dashboard. Dashboard tersebut akan memuat informasi terkait kinerja tim dalam menjawab chat, tren penjualan yang dihasilkan dari Whatsapp, hingga data pelanggan untuk mendukung peningkatan pelayanan bisnis Anda.

Mengumpulkan Feedback Pelanggan

Meningkatkan kepuasan pelanggan dapat Anda lakukan melalui feedback dari mereka. Namun, beberapa customer cenderung malas untuk mengisi form feedback dari Google. Chatbot Whatsapp dapat Anda manfaatkan untuk survey kepuasan pelanggan.

Ajukan pertanyaan terkait kepuasan mereka terhadap layanan, bagaimana mereka menyukai produk Anda, hingga menanyakan apa yang bisa ditingkatkan dari layanan saat ini. Melalui chat, pelanggan akan merasa lebih mudah untuk berkomunikasi dan Anda pun dapat mengumpulkan umpan balik tersebut untuk peningkatan layanan.

Meningkatkan Produktivitas

Keuntungan yang terakhir adalah penggunaan Whatsapp bisnis dapat meningkatkan produktivitas customer service. Melalui fitur-fitur yang telah disebutkan diatas seperti auto reply dan bulk messages, staf Anda dapat lebih fokus menyelesaikan masalah yang ada.                                                                                                                        

Cara Membuat Chatbot WhatsApp

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, Anda bisa membuat chatbot Whatsapp untuk bisnis Anda sendiri. Dan berikut ini adalah beberapa langkah mudah cara membuat Bot WA yang bisa Anda lakukan yaitu :


Download Aplikasi


Berbeda dengan Whatsapp biasa, untuk mengaktifkan fitur chatbot, Anda harus mendaftar melalui Whatsap Business. Aplikasi ini dapat Anda unggah melalui Play Store atau App Store


Daftar Akun


Setelah memiliki aplikasinya, langkah selanjutnya adalah membuat akun. Pastikan terlebih dahulu apakah nama bisnis dan nomor telepon Anda tersedia dan belum digunakan orang lain. Perlu diingat bahwa nama akun bisnis tersebut tidak bisa diubah lagi.


Melengkapi data profil akun bisnis 


Setelah akun selesai dibuat, Anda akan diminta untuk melengkapi profil bisnis. Data yang perlu dilengkapi meliputi jenis usaha, foto produk, hingga jam buka toko online Anda.


Mengisi form pemesanan produk bisnis


Terakhir, Anda dapat menambahkan opsi form yang akan dikirimkan ke pelanggan ketika mereka akan melakukan pembayaran. Komunikasi antar agen dan pelanggan dapat berjalan dengan baik melalui form yang Anda buat.

Membuat Chatbot Whatsapp dapat meningkatkan layanan bisnis Anda di berbagai aspek. Dengan memaksimalkan layanannya, bisnis Anda pun dapat berkembang dengan cepat. Selain mengoptimasi layanan, meningkatkan penjualan toko online Anda bisa lebih maksimal dengan bantuan data. Nah, jika Anda tidak mau repot dan ingin membuat chatbot whatsapp sebaiknya menggunakan layan dari Eva.id.

Merupakan sebuah platform untuk membuat chatbot yang dapat dijalankan dalam berbagai messanging service. Eva.id telah dikenal sebagai platfor, software pembuat chatbot yang sangat intuitif dengan proses pembuatan chatbot di dalamnya tidak membutuhkan ketrampilan coding sama sekali. Software chatbot dari Eva.id dapat melayani beberapa skenario implementasi, mulai dari layanan pelanggan, mengelola komunitas, sistem transaksi dan lain sebagainya. Yuk segera membuat chatbot di Eva.id.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved