Jepang Sedang Kembangkan Robot Pemandu di Stasiun Kereta

Tanggal: 8 Jul 2017 23:09 wib.
Tampang.com - Salah satu masalah apabila kita berkunjung ke Jepang adalah komunikasi. Mayoritas orang Jepang tidak dapat berbahasa Inggris. Untuk mengatasi hal ini, perusahaan kereta East Japan Railways (JR East) berencana menghadirkan robot pada beberapa stasiun.

Tapi jangan salah, meskipun bernama Japan Railways, perusahaan ini ternyata bergerak dibidang yang lain, seperti layanan pariwisata, teknologi industri, dan manajemen properti.

Nah kali ini, perusahaan ini membentuk anak perusahaan yang fokus mengembangkan robot. Perusahaan ini diberi nama JRE Robotics Station.



Seperti dikutip dari Rocket News 24, Sabtu (8/7/2017), JRE Robotics Station akan merancang robot pemandu untuk menunjukkan arah dan informasi terkait kereta.

Robot ini akan dibekali berbagai macam bahasa asing, yang diharapkan akan membantu pemerintahan Jepang meningkatkan turis asing. Tak hanya untuk pemandu, robot ini dapat pula membawakan barang dan membantu para disabilitas.



JRE Robotics Station juga sedang mengupayakan agar robot bisa secara otomatis menjalankan tugasnya untuk membersihkan stasiun, sekaligus berfungsi sebagai robot keamanan. Mengacu konsep yang dipaparkan, robot nantinya akan dibekali kemampuan untuk mendeteksi copet.

Hingga kini, robot ini masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui pasti kapan robot ini dapat dioperasikan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved