Sumber foto: Unsplash

Ingat Pesan Google, Hapus File dan Foto Ini dari HP Android

Tanggal: 21 Jul 2024 21:39 wib.
Setiap pengguna HP Android perlu memperhatikan kapasitas penyimpanan ponselnya secara berkala. Sebab, kapasitas yang tersedia bisa saja penuh ketika digunakan untuk menyimpan file seperti foto dan aplikasi. Google bahkan sudah memberikan peringatan soal ini. Saluran teknologi The Sun melaporkan, berikut ini merupakan jenis file yang disarankan Google untuk dihapus agar ruang penyimpanan ponsel tetap optimal.

Menjaga Ruang penyimpanan dengan Hapus File dan Foto di HP Android

1. Foto

File foto dan video dapat memakan banyak ruang penyimpanan ponsel. File ini bisa dihapus atau dicadangkan lebih dulu untuk mengosongkan ruang penyimpanan HP. Dengan adanya perangkat lunak penyimpanan awan, seperti Google Photos, pengguna dapat mencadangkan semua foto dan video mereka ke tempat penyimpanan online. Selain itu, langkah-langkah berikut bisa diikuti untuk menghapus foto pada HP Android:

- Buka aplikasi Google Photos

- Masuk ke Akun Google Anda

- Ketuk dan tahan foto atau video yang ingin Anda hapus

- Di bagian atas layar, ketuk tombol Hapus.

2. Media

Pengguna juga perlu menghapus media, seperti film hingga file musik. Masuk ke aplikasi yang berisi konten media, seperti Play Music atau Play Movies & TV. Kemudian, klik menu pengaturan dan masuk ke kelola unduhan, tekan item yang ingin dihapus, dan tekan tombol hapus.

3. Aplikasi

Pasti Anda memiliki banyak aplikasi dalam ponsel Anda. Namun, tidak semuanya digunakan secara berkala. Anda dapat menghapus aplikasi ini untuk melapangkan ruang penyimpanan. Google juga menyarankan untuk membersihkan cache dan data aplikasi. Menghapus cache berarti menghapus data sementara, sedangkan menghapus penyimpanan data akan menghapus data permanen yang disimpan dalam aplikasi.

4. Arsip otomatis

Jika Anda tidak bisa menghapus aplikasi, Anda dapat mengarsipkan aplikasi secara otomatis. Buka Play Store, masuk ke menu Pengaturan, pilih opsi umum, dan aktifkan atau matikan pengarsipan otomatis.

5. File Unduhan

Terkadang kita melupakan file yang telah diunduh tetapi tak digunakan lagi. Hapus file-file hasil unduhan yang tidak digunakan lagi untuk mengosongkan ruang penyimpanan HP.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara berkala, pengguna HP Android dapat menjaga kapasitas penyimpanan ponselnya agar tetap optimal. Selain itu, dengan menggunakan fitur cadangan online, pengguna juga dapat memastikan bahwa data berharga mereka tetap aman meskipun file-file di HP Android dihapus.

Begitu pentingnya pengelolaan ruang penyimpanan pada HP Android, selain memberikan kinerja yang lebih baik, juga memastikan pengguna memiliki ruang yang cukup untuk kebutuhan penyimpanan masa depan. Dengan adanya panduan dari Google ini, pengguna diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan HP Android tanpa terkendala oleh ruang penyimpanan yang penuh.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved